Wakasal Dampingi Menko Marves Tinjau INAP di Jembrana - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

2/25/22

Wakasal Dampingi Menko Marves Tinjau INAP di Jembrana


Jembrana, dewatanews.com - Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan dalam kunjungan kerja ke Indonesian Naval Aquagriculture Program (INAP), bertempat di Pantai Pebuahan, Banyu Biru Kec. Negara, Kab. Jembrana, Bali, Jumat (25/02).

Program INAP merupakan kolaborasi antara TNI AL, Pemerintah Daerah (Pemda), Ahli dan pihak swasta yang berfokus pada budidaya hasil laut seperti udang, lobster, ikan kerapu dan lain sebagainya. Namun untuk saat ini pelaksanaan program INAP akan lebih difokuskan pada pengembangan budidaya Udang Vaname dengan menggunakan teknologi terbaru karya anak bangsa yang hanya ada di Indonesia.

Kegiatan yang turut dihadiri Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Haeru Rahayu, Wakil Gubernur Provinsi Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, Danlanal Denpasar Kolonel Marinir Dewa Nyoman Gede, Dr. Joe Corleon, serta para Forkopimda wilayah Denpasar.

Dalam sambutannya Wakasal menyampaikan bahwa program INAP akan bekerjasama dengan perusahaan daerah dan memanfaatkan UMKM setempat. "Kedepannya proyek ini akan memanfaatkan perusahaan daerah baik dari segi angkutan maupun produksi serta akan memanfaatkan UMKM masyarakat setempat," ujar Wakasal.

Wakasal menambahkan bahwa kegiatan program INAP ini akan berlanjut dan rencana, bahkan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono akan mencanangkan kegiatan INAP ini di setiap Lantamal, Lanal, Pasmar maupun Brigif yang mempunyai lahan dan bisa bekerjasama dengan Pemda dengan target minimal 100 INAP bahkan sampai 1000 INAP. Saat kunjungan Menparekraf RI Bapak Sandiaga Uno ke INAP bertepatan saat peresmian INAP di Bali oleh Kasal pada hari Rabu (23/02) menyampaikan bahwa rencana kedepan INAP akan dikembangkan sebagai wisata edukasi.

Sementara itu, Menko Marves dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada TNI AL dan penemu teknologi Dr. Joe Corleon atas pembangunan INAP yang membawa dampak positif bagi masyarakat untuk melibatkan mereka dalam UMKM. "Terimakasih kepada TNI AL dan Dr. Joe Corleon atas ide dan teknologi yang sangat bagus serta program INAP dapat melibatkan UMKM masyarakat sekitar, menurut saya ini hal yg sangat bagus karena UMKM merupakan hal yang wajib untuk masyarakat serta merupakan ekonomi yang kuat," ujar Bapak Luhut.

Selama kunjungannya di INAP I, Wakasal dan Menko Marves serta pejabat terkait lainnya melaksanakan penaburan benur udang Vaname dan melakukan peninjauan untuk melihat secara langsung teknologi terbaru budidaya Udang Vaname dengan air laut di daratan ini.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com