Webinar: Green Action For The Future Yayasan BASAbali - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/5/22

Webinar: Green Action For The Future Yayasan BASAbali



Denpasar, dewatanews.com - Wiki kembali menyelenggarakan webinar dengan topik lingkungan hidup yang diselenggarakan pada Minggu (4/12). Webinar ini merupakan rangkaian awal dari Wikithon Lingkungan Hidup untuk merencakan aksi nyata penyelamatan lingkungan yang diadakan oleh BASAbali Wiki bekerja sama dengan KBRI Washington DC dan Unilever. 

Webinar ini dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh siswa-siswi terpilih dari beberapa SMA di seluruh Bali, antara lain: SMAN 3 Denpasar, SMAN 1 Tabanan, SMAN Bali Mandara, dan SMA Dwijendra Denpasar. Peserta webinar ini tidak hanya berasal dari Bali, tetapi juga diikuti oleh 15 siswa SMA dari Washington D.C. 

Keseluruhan peserta webinar ini merupakan calon peserta Wikithon Lingkungan Hidup yang nantinya masing-masing siswa SMA di Bali akan dikelompokkan dengan siswa SMA di Washington D.C. Satu kelompok terdiri dari enam orang, tiga siswa dari Bali dan tiga siswa Washington D.C. Mereka akan membuat proyek aksi penyelamatan lingkungan yang dapat diterapkan di dua negara, seperti mengolah sampah plastik, membuat artikel ilmiah atau membuat kampanye media sosial tentang sampah plastik. 

Webinar kali ini dibuka oleh Sade Bimantara selaku Deputy Chief of Mission at the Indonesian Embassy in Washingthon, DC. Terdapat tiga pembicara utama yang hadir dalam acara webinar lingkungan hidup, diantaranya adalah Suzy Hutomo (Executive Chair The Body Shop Indonesia), Ranitya Nurlita (Aktivis Muda dan Pendiri Waste Solution Hub), dan Russel Sturm (Founder Smart Surfaces Coalition). 


Dalam pidatonya, Sade Bimantara menjelaskan bahwa konsep Tri Hita Karana merupakan cerminan langsung dari sesuatu yang dilakukan terkait partisipasi para peserta Wikithon Lingkungan Hidup. Hal ini sebagai tanda bahwa para peserta tidak hanya percaya dengan konsep Tri Hita Karana saja, tetapi para peserta dapat melakukan aksi nyata guna menghijaukan lingkungan untuk masa depan. 

Salah satu pembicara dalam webinar ini yaitu Bapak Russel Sturm memberikan tips-tips untuk menjalankan aksi penghijauan. Step pertama adalah menentukan tujuan aksi yang akan dilakukan. Kedua, perlu dipertimbangkan terkait kesempatan yang dimiliki untuk melakukan aksi, termasuk orang-orang di sekitar yang bisa diajak bekerja sama dan teknologi yang bisa digunakan untuk mendukung aksi tersebut. Ketiga, memikirkan strategi untuk aksi yang akan dilakukan termasuk melihat data konkret agar sesuai dengan realita dan kondisi yang ada di lapangan. 

Webinar ini berlangsung selama satu setengah jam dan berjalan secara kondusif. Para peserta webinar sangat antusias dan produktif dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada para pembicara. Mereka saling menukar ide dan gagasan pada saat berlangsungnya sesi diskusi melalui breakout room.

Sebagai informasi tambahan, setelah dilaksanakan webinar ini BASAbali Wiki akan melaksanakan Wikithon Lingkungan Hidup yang melibatkan peserta dari tim Bali dan tim Washington, DC selama sebulan penuh dari tanggal 4 Desember 2022 sampai dengan 4 Januari 2022. Adapun luaran dari dilaksanakannya kegiatan ini yaitu aksi nyata penghijauan lingkungan yang diterapkan di dua negara dan akan didokumentasikan melalui website BASAbali Wiki.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com