KMHDI Bali Jadi Tuan Rumah Pembuatan Eco Enzyme Bersejarah - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

8/17/21

KMHDI Bali Jadi Tuan Rumah Pembuatan Eco Enzyme Bersejarah

 

Denpasar, dewatanews.com - Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) se-Bali, Forum Alumni (FA) KMHDI Bali, bersama Rumah Kebangsaan dan Kebhinnekaan Pasraman Satyam Eva Jayate melakukan pembuatan Eco Enzyme tepat di Hari Kemerdekaan ke-76 tahun Republik Indonesia, Selasa (17/8).

Ketua Umum Rumah Kebangsaan dan Kebhinnekaan Pasraman Satyam Eva Jayate, Udi Prayudi mengatakan bahwa pembuatan Eco Enzyme bersejarah ini dimulai pada pukul 17:08:45 WITA dengan melibatkan 17 Organisasi Pemuda dan Mahasiswa, untuk membuat 8 gentong Eco Enzyme, dan menggunakan 45 jenis Bahan Organik (BO).

“Di Rumah Kebangsaan dan Kebhinnekaan ini memang selalu kita narasikan 17/8/45 itu untuk mengingatkan bahwa kita semua merdeka serta harus merawat dan mengisi kemerdekaan itu, maka dari itu kita aktualisasikan dalam 17 organisasi untuk terlibat, 8 gentong Eco Enzyme melambangkan bulan Agustus, dan 45 jenis bahan organik untuk melambangkan 1945,” ungkapnya ketika pemaparan proses pembuatan Eco Enzyme.

Ketua Panitia Pelaksana, I Komang Adi Sudarta mengatakan bahwa kegiatan ini juga sebagai wujud aktualisasi dari 4 Jati Diri KMHDI yaitu Religius, Nasionalis, Humanis, dan Progresif.

“Kegiatan yang kami laksanakan ini bertajuk Festival Rumah Kakek (Rumah Kebangsaan dan Kebhinekaan) dengan beberapa rangkaian kegiatan, salah satu kegiatan utama ialah pembuatan eco enzyme ini. Semua rangkaian kegiatan yang kami canangkan tercermin dari nilai-nilai Jati Diri KMHDI”, ungkap pemuda yang juga menjabat sebagai Ketua Biro Organisasi PD KMHDI Bali ini.

Koordinator Relawan Eco Enzyme Nusantara Bali sangat mengapresiasi moment pembuatan Eco Enzyme yang sangat bersejarah ini dan berharap dapat menjadi contoh bagi Nusantara.

“Menurut saya ini moment pertama yang pernah saya temu dan hadiri. Ini moment yang sangat bersejarah, harapan kami semoga nanti lebih banyak orang ikut tergerak dalam menjaga lingkungan agar dapat kita wariskan bumi ini ke anak cucu kita,” ungkap Joko Ryanto, Koordinator Relawan Eco Enzyme Nusantara Bali

Eco Enzyme merupakan cairan organik yang memiliki beragam manfaat. Eco Enzyme yang dibuat pada hari bersejarah ini kemudian akan dipanen kembali pada 17 Agustus 2022 mendatang oleh KMHDI, FA KMHDI, GMKI, GMNI, PMKRI, HMI, PERADAH, APHB Bali, Aliansi BEM se-Bali Dewata Dwipa, Aliansi Lembaga Legislatif Mahasiswa se-Bali, Pasikian Yowana Bali, Duta Hijau Bali, GADA Bali, Narmada Bali, Forum Anak Daerah Bali, Persadha Nusantara Bali, dan Komunitas Eco Enzyme Nusantara Bali.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com