Ny. Putri Koster Ajak PKK dan Masyarakat Dukung Program Pemerintah - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

6/22/21

Ny. Putri Koster Ajak PKK dan Masyarakat Dukung Program Pemerintah

 

Klungkung, dewatanews.com - Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ayu Suwirta mendampingi Ketua TP PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster turun menyapa dan berbagi dengan masyarakat di Banjar Geria, Desa Kamasan, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Selasa (22/6).

 
Dalam sambutannya Ketua TP PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster menghimbau PKK dapat mengambil peran aktif dalam menyukseskan program Pemprov Bali. Satu di antaranya penanganan sampah berbasis sumber mengacu pada Keputusan Gubernur Nomor 47 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber. 

 

Kader PKK hingga tingkat dasawisma diharapkan dapat menjadi contoh dalam pengelolaan sampah agar selesai di tingkat rumah tangga. Dengan prinsip selesai di sumber, ia tak ingin lagi ada pola pemindahan sampah sehingga menimbulkan masalah di tempat lain.

 

Selain peran aktif menyukseskan program pemerintah, TP PKK diminta tetap fokus pada pelaksanaan 10 program PKK. Di tengah situasi pandemi, ia ingin TP PKK tetap berkegiataan. Salah satu program yang menurutnya sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di tengah pandemi adalah Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (HATINYA PKK).

 

“Pemanfaatan pekarangan rumah untuk ditanami bahan kebutuhan pokok seperti sayuran dapat meringankan beban pengeluaran keluarga yang mengalami dampak akibat pandemi Covid-19,” ujarnya. 

 

Terkait dengan kunjungannya ke Banjar Geria Kamasan, ia menyampaikan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan secara estapet di seluruh kabupaten/kota se-Bali. Kegiatan ini bertujuan menyapa masyarakat dan sedikit berbagi bantuan. Kesempatan bertatap muka dengan masyarakat juga dimanfaatkannya untuk memberi edukasi penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. 

 

Ketua TP PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster mengingatkan masyarakat agar tetap waspada karena pendemi Covid-19 belum sepenuhnya bisa dikendalikan. Untuk itu, ia mengingatkan masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan utamanya 3M (Memakai Masker, Rajin Mencuci Tangan dengan Sabun di Air Mengalir dan Menjaga Jarak/Menjauhi Kerumunan).


Selain kepada masyarakat umum, edukasi disiplin penerapan prokes secara khusus ditekankan bagi ibu hamil. Karena di masa kehamilan, fisik seorang wanita menjadi lebih rentan sehingga membutuhkan perhatian ekstra. Seorang calon ibu menurutnya wajib menjaga kesehatan dan asupan gizi di masa kehamilan agar melahirkan bayi yang sehat dan mencegah potensi stunting. Lebih dari itu, perempuan yang dikenal memiliki multi talenta ini mengingatkan ancaman Kekurangan Energi Kronik (KEK) pada ibu hamil.

 

“Wanita hamil dengan KEK dapat membahayakan kondisi janin. Untuk itu, seorang ibu hamil harus mendapatkan asupan makanan bergizi seimbang yang sesuai dengan kebutuhan serta beristirahat yang cukup,” ujarnya.


Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung, Ayu suwirta menyampaikan terima kasih atas perhatian yang ditunjukkan Ketua TP PKK Provinsi Bali, Putri Suastini Koster. Menurutnya, kehadiran Putri Koster untuk menyapa dan memberikan bantuan sosial sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Banjar Geria Kamasan di tengah situasi pandemi. Pada kesempatan itu, Rai Wahyuni juga melaporkan kegiatan TP PKK Tabanan antara lain edukasi program HATINYA PKK yang disinergikan dengan sosialisasi pengelolaan sampah berbasis sumber.


Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Putri Koster menyerahkan bantuan berupa kursi roda, handuk germas, payung, paket vitamin dan susu, kacamata dan pemeriksaan mata gratis, paket ibu hamil susu (susu, jus buah, dan sayur), dan beras.Bantuan yang diberikan bervariasi sesuai kebutuhan masing-masing antara lain, susu dan makanan tambahan untuk ibu hamil KEK dan balita gizi buruk dan gizi kurang. 

 

Adapun pihak yang ikut terlibat dan mendukung TP PKK dalam menyukseskan program menyapa dan berbagi ini yaitu RS Mata Bali Mandara, Dinas Sosial dan P3A Provinsi Bali, Dinas PMD Dukcapil dan Ikatan Bidan Indoesia (IBI) Provinsi Bali. Acara menyapa dan berbagi juga dimeriahkan hiburan clekontong emas yang berhasil mengocok perut penonton.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com