Lomba Kreasi dan Inovasi Daerah Jadi Ajang Peningkatan IPTEK - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

11/11/20

Lomba Kreasi dan Inovasi Daerah Jadi Ajang Peningkatan IPTEK

 

Buleleng, dewatanews.com - Peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 yang berlangsung pada hari Selasa (10/11) kemarin, diikuti juga dengan penyerahan hadiah kepada sejumlah pemenang lomba Kreasi Inovasi Tingkat Kabupaten Buleleng Tahun 2020 yang berlangsung di Lobi Atiti Kantor Bupati Buleleng.

Hadiah kepada para juara lomba tersebut yaitu berupa uang, tropy dan piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST dan Wakil bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra sesaat setelah upacara bendera selesai.

Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang) Buleleng Buleleng dr. Gede Wiartana, M.Kes ditemui setelah upacara mengatakan bahwa Lomba Kreasi Inovasi Tingkat Kabupaten Buleleng Tahun 2020 ini digelar dalam rangka peningkatan percepatan pembangunan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) melalui penggalian inovasi teknologi dan sumberdaya.

”Penghargaan tersebut merupakan yang pertama kali kami berikan terhadap hasil karya kreatif dan inovatif dari masyarakat Buleleng dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng yang berhasil berinovasi,” tuturnya.

Gede Wiartana mengatakan, lomba kreatif dan inovatif ini dibagi menjadi dua Kategori yakni kategori  kelompok masyarakat, dan kelompok OPD. Melalui kegiatan ini juga akan mendorong sejumlah OPD yang telah terdaftar untuk berlomba-lomba meningkatkan pelayanan publiknya, seperti kemudahan akses internet dan percepatan pelayanan melalui sarana media elektronik. “Lomba ini sebagai upaya meningkatkan kreativitas dibidang inovasi. Maka, masyarakat perlu didorong untuk dapat menciptakan, merekayasa alat atau produk yang dapat menigkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” imbuhnya

Terlihat, sangat banyak keunggulan yang dapat diambil oleh masing-masing OPD tersebut. Adanya lomba inovasi ini juga sangat menggairahkan dan memotivasi kelompok masyarakat dan juga OPD di Lingkup Pemkab Buleleng. Adapun untuk kategori Kelompok Masyarakat yang telah berhasil yakni, untuk juara I diraih oleh Bank Sampah Kalibukbuk Bersih (Kaliber) Desa Kalibukbuk Kecamatan Buleleng, Juara II diraih oleh Kelompok Wanita Tani Tulus Bakti Desa Panji Kecamatan Sukasada dan untuk juara III diraih oleh Kelompok Tani Ternak Amerta Luih Desa Dencarik Kecamatan Banjar.

Untuk Kategori OPD, juara I diraih Oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kab. Buleleng dengan inovasi SIKN-BADAS (Bank Data Arsip Statistik), kemudian untuk juara II diraih oleh Kantor Camat Buleleng dengan inovasi Pelayanan KCB (Akun Facebook), dan terakhir untuk juara III diraih oleh Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buleleng dengan inovasinya E-LIS (Electronik Laboratory Information System).

Lebih lanjut, Mantan Direktur RSUD ini juga menjelaskan bahwa lomba ini baru digelar untuk pertama kalinya dengan jumlah peserta yang cukup banyak yakni mencapai 35 peserta, dengan 17 peserta dari kategori OPD dan 18 peserta dari kategori kelompok masyarakat.

Dari masing – masing kategori telah melalui proses seleksi cukup ketat sehingga melahirkan lima besar terbaik yang selanjutnya akan di saring kembali jadi tiga besar terbaik. Penilaian tersebut dilakukan cukup ketat dengan turun langsung ke lapangan dan menanyakan seberapa besar manfaat yang sudah dirasakan dari sejumlah inovasi yang telah diciptakan tersebut.

“Kami berharap kapada masyarakat dan sejumlah OPD yang telah berpartisipasi agar terus berinovasi dan menciptakan hal-hal baru yang sangat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat itu sendiri dan peningkatan percepatan pembangunan di bidang IPTEK,” jelas Gede Wiartana.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here