Kasus Positif Covid-19 di Bali Terus Bertambah, Dewa Indra Minta Masyarakat Disiplin - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

4/17/20

Kasus Positif Covid-19 di Bali Terus Bertambah, Dewa Indra Minta Masyarakat Disiplin


Denpasar, dewatanews.com - Pemerintah Provinsi Bali, melalui Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali Dewa Indra kembali menyampaikan perkembangan Penanganan Virus Disease Corona (Covid-19) pada Jumat (17/4) petang.

Dewa Made Indra menyampaikan sampai hari ini penyebaran Covid-19 di  Provinsi Bali, di  Indonesia bahkan  dunia masih berlanjut. Untuk itu Dewa Made Indra yang juga selaku Sekretaris Daerah Provinsi Bali menyampaikan informasi penting untuk dapat dipahami bersama. 

Dikatakan Dewa Indra, salah satu sumber resiko yang berpotensi menimbulkan kasus positif adalah yang memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri. Untuk itu maka disampaikan Dewa Indra strateginya adalah dengan memperkuat proses pemeriksaan di pintu masuk Bali. 

"Sebelumnya di Bandara Ngurah Rai baik di kedatangan Internasional maupun kedatangan domestik, dengan melibatkan baik dari unsur Pemda, TNI,  Polri,  pemerintah pusat serta Otoritas Bandara terus melakukan upaya pemerikasaan yang semakin ketat dan evalusi secara  terus menerus terhadap upaya upaya yang telah dilakukan. Jadi upaya memperkuat pengawasan pemeriksaan dari hari ke hari diperbaiki  dan disempurnakan. Agar orang yang sampai di  Bali sebelum pulang ke kampung halamannya  dipastikan negative. Untuk itu penyempurnaan pemeriksaan terus dilakukan," jelasnya.

Ditambahkan Dewa Indra, untuk besok dan lusa, sesuai arahan  dari gugus tugas nasional akan ada PMI yang pulang dari Pelabuhan Benoa. Pemprov Bali memfasilitasi kepulangan PMI tersebut  dari pelabuhan Benoa. Seluruh PMI yang ada di kapal pesiar yang akan berlabuh di Pelabuhan Benoa akan dilakukan rapid test langsung. Sesuai kesepakatan Bupati/ Walikota se Bali, PMI yang  positif Corona akan menjadi tanggung jawab Provinsi dan yang hasil rapid testnya negative akan di karantina  dibawah pengawasan kab/kota. 

"Pemprov Bali juga memfasilitasi pengecekan kesehatan bagi PMI yang tidak berasal dari Bali dan kepulangan mereka ke kampung halaman masing masing. Jika hari yang bersamaan  ada tiket pesawat maka PMI non Bali tersebut langsung dipulangkan, kalau belum mendapat tiket maka akan dipulangkan keesokan harinya. Jadi tidak ada  PMI non Bali  yang  lama berada  di Bali. Hal ini sudah menjadi  kesepakatan dengan gugus tugas nasional," terangnya.

Lebih lanjut, Dewa Indra juga menyampaikan kasus positif di Provinsi Bali terus bertambah baik yang berasal  dari PMI, dari transmisi lokal maupun dari daerah terjangkit. Masyarakat diharapakan terus waspada untuk melindungi diri sendiri, keluarga dan juga masyarakat. Untuk itu, Dewa Indra meminta masyarakat untuk selalu menggunakan masker, tetap harus rajin cuci tangan menggunakan sabun di air megalir, disiplin menjaga jarak dan sebisa mungkin mengurangi aktivivitas di luar rumah. Cara ini tidak hanya mudah  namun juga tidak mahal, namun memilki efek yang sangat besar dalam meredam penyebaran covid-19.

"Jumlah kumulatif pasien positif 124 orang (Bertambah 11 orang WNI, dengan rincian dalam bentuk 8 orang PMI  dan 3 orang transmisi lokal ). 116 pasien positif adalah WNI,dengan rincian kasus dari bepergian ke negeri (imported case) sebanyak  81 orang terdiri dari 77 PMI, 4 orang non PMI. Yang berasal dari daerah terjangkit  sebanyak 14 orang dan  dari transmisi lokal ada 21 orang. Ini artinya dari 124 orang positif Corona di Bali sebanyak 81 orang tidak terdeteksi di Bali tapi dari luar negeri, 14 orang  dari daerah terjangkit di luar daerah Bali, dan murni di Bali  ada 21 orang melalui transmisi lokal. Karena transmisi lokal terus menunjukkan peningkatan maka terus diimbau  mengikuti anjuran pemerintah dan bersama sama berkomitmen agar transmisi lokal tidak bertambah lagi," ungkapnya.

Ditambahkan Dewa Indra, Covid-19 adalah persoalan seluruh dunia, untuk itu tidak perlu saling menyalahkan, Ia meminta agar saling gotong royong, saling berkontribusi  serta bersinergi satu dengan yang lain  untuk berupaya mengurangi bahkan  menidiadakan transmisi lokal. 

"Yakinlah pencegahan penularan bisa dilakukan dengan disiplin penuh masyarakat akan imbauan pemerintah," tambahnya.

Pada kesempatan ini, Dewa Indra juga mengkonfirmasi adanya tambahan pasien yang telah sembuh sejumlah 4 orang (WNI). Sehingga total yang telah berhasil sembuh dari Covid-19 yakni 36 orang (32 WNI, 4 WNA).

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com