Ny. Putri Koster Tegaskan Perempuan Pegang Peran Penting Dalam Memajukan Perekonomian - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

2/9/20

Ny. Putri Koster Tegaskan Perempuan Pegang Peran Penting Dalam Memajukan Perekonomian


Denpasar, Dewata News. Com - Ketua Dewan Pembina IWAPI Provinsi Bali sekaligus Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ny.Putri Koster menghadiri acara Peringatan HUT ke-45 IWAPI di Warung Oongan Asri, Jalan Noja, Denpasar, Minggu (9/2) sore.

Dalam sambutannya, Ny. Putri Koster yang pada kesempatan ini didampingi Kepala Dinas Sosial, Perlindungan Perempuan dan Anak Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra menyampaikan bahwasannya perempuan memegang peran sangat penting dalam memajukan perekonomian Bali pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Untuk itu kedepannya, para pengusaha perempuan yang tergabung dalam IWAPI untuk terus meningkatkan kualitas diri serta dapat mengikuti perkembangan teknologi dewasa ini.

"Anggota IWAPI diharapkan dapat mengikuti kemajuan teknologi yang salah satunya dengan memanfaatkan teknologi dalam pemasaran produk serta menangkap peluang pasar," ungkapnya.

Ny.Putri Koster juga mengajak para anggota IWAPI untuk berperan nyata dalam upaya pelestarian dan pengembangan tenun asli Bali di tengah kemajuan teknologi. Dimana dewasa ini banyak beredar tenun hasil cetakan mesin yang secara kualitas dan harganya jauh dari tenun asli buatan para pengrajin. Untuk itu, selaku Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Ny.Putri Koster mengajak anggota IWAPI untuk bijak dalam menggunakan kain printing dan kain songket asli tenun Bali. 

"Menurut Saya, kain printing yang banyak meniru motif songket dapat digunakan untuk busana atau pakaian yang bisa  didesain seapik mungkin dan dipadu padankan dengan bahan lain dan dapat digunakan sebagai busana ke kantor maupun kegiatan sehari hari. Namun jika digunakan sebagai kain untuk ke pura ataupun ke acara adat dan acara lainnya hendaknya menggunakan kain songket asli tenun ataupun endek asli bukan kain printing," ujarnya.


Dengan upaya ini diharapkan kain songket ataupun endek yang merupakan warisan leluhur kita yang adiluhung akan tetap lestari disamping akan meningkatkan kesejahteraan para pengrajin. Kedepan IWAPI diharapkan bisa terus meningkatkan sinergitas dengan stakeholder terkait dalam upaya mewujudkan masyarakat mandiri dan sejahtera.

Sementara Ketua umum DPP IWAPI yang dibacakan oleh Ketua Umum DPD IWAPI Provinsi Bali Tini Rusmini Gorda menyampaikan jika kontribusi serta peran perempuan pengusaha untuk meningkatkan perekonomian Indonesia sangat lah signifikan karena 60 persen dari jumlah pengusaha mikro dan kecil yang ada di Indonesia adalah perempuan pengusaha.

Peran ini harus diikuti dengan peningkatan kualitas dari pada perempuan pengusaha untuk menghadapi era digitalisasi. Kedepan pemberdayaan perempuan pengusaha di IWAPI difokuskan dalam peningkatan sumber daya manusia, pemasaran dan permodalan baik melalui training, workshop, seminar, talkshow dan upaya lainnya.

"Disamping itu menjalin kerja sama dengan lembaga tinggi negara, pemerintah dan pihak swasta di Indonesia bahkan juga dengan negara lainnya," terangnya.

Acara pada siang hari ini turut dihadiri oleh Wakil Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ketua dan pengurus DPC IWAPI kabupaten kota se Bali. HUT IWAPI ke 45 yang mengangkat tema "Meningkatkan peran dan kualitas perempuan pengusaha menuju Indonesia Maju" juga diisi dengan deklarasi IWAPI bijak menggunakan busana kain printing untuk selamatkan songket Bali. (DN - NgR)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com