Bertemu Gubernur Koster, Walikota Misato Ingin Kotanya Seperti Bali - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

2/10/20

Bertemu Gubernur Koster, Walikota Misato Ingin Kotanya Seperti Bali


Denpasar, Dewata News. Com - Gubernur Bali Wayan Koster, Senin (10/2) pagi menerima kunjungan Walikota Misato, Jepang Takashi Kado di rumah dinas Jaya Sabha, Denpasar. Pada kesempatan ini, Walikota Takashi Kado mengungkapkan jika hubungan antara Indonesia dengan Jepang sangat dekat. 

Menurutnya, di Bali sendiri telah terjalin kerjasama Sister City antara Kota Misato dengan Desa Mas, Ubud, Gianyar. Kerjasama yang terjalin dimana muda-mudi Desa Mas dikirim ke Jepang untuk bekerja dan belajar begitujuga dengan Warga Jepang dikirim ke Desa Mas. Ia berharap agar kerjasama yang baik ini bisa terus dilanjutkan.

"Di kota saya akan dikembangkan pariwisata dan akan membuat hotel, semoga dari bali bisa mengirim tenaga kerja ke Misato. Saya berharap dari kebudayaan bali, warga bali, pendidikan bisa bertukar dengan Misato," ungkapnya.

Dijelaskan Takashi Kado, penduduk Misato sangat sedikit, Ia berharap Desa Mas atau warga Bali bisa tinggal, bekerja atau belajar disana. Menurutnya, tahun ini ada 2 orang yang belajar pertanian di Misato.

"Kedepan saya berharap, infrastruktur bisa kita kembangkan di Misato. Saya meminta bapak gubernur bisa backup kerjasama ini," ujarnya.


Ditambahkan Takashi Kado, penduduk Misato banyak, namun sekarang berkurang karena mereka keluar dari kota. Mereka bekerja keluar dan tidak balik lagi. 

"Kalau bisa warga Bali bisa datang atau tinggal di Misato. Kota Misato mengembangkan bidang kesehatan, pertanian dan pariwisata. Suasana di kota saya mendekati seperti Ubud. Saya berharap kalau bisa ada seperti ubud di kota saya. Saya melihat keindahan ubud dipinggir sungai sangat luar biasa penataannya. Saya sudah sering ke ubud," jelasnya.

Dikatakan Takashi Kado, Bali sangat menakjubkan baginya. Menurut walikota yang sudah 3 kali datang ke Bali ini, yang menarik dari Bali adalah kebudayaan, banyak pura dan semua masyarakatnya sangat menghormati.

"Saya melihat saja sudah sangat puas. Tarian dan musik dan seni sangat menyentuh bagi saya. Dulu di misato banyak pura, sangat terkenal namanya Pura Kagura. Ada kesamaan tuhan bali dengan tuhan kita. Saya menemukan seperti kebudayaan saya sendiri di bali," imbuhnya.

Bahkan karena kecintaannya terhadap Bali, di kantornya sekarang akan dibuat ukiran-ukiran Bali. Selama menjadi walikota, Ia akan membuat sesuatu tentang Bali dan kebudyaan Bali.

"Saya sudah 2 tahun menjadi walikota. 1 periode 4 tahun. Saya berharap kedepan antara Bali dan Misato menjadi sejarah. Orang-orang di Misato bisa mengenal Bali walaupun belum pernah datang ke Bali," terangnya.


Menanggapi hal ini, Gubernur Bali mengucapkan terimakasih atas kedatangan dan kunjungan Walikota Misato ke Bali. Ia mengapresiasi kerjasama yang telah terjalin selama ini khususnya kerjasama dengan Desa Mas. Gubernur Koster mendorong agar kerjasama bisa terus ditingkatkan dan Pemerintah Provinsi Bali siap mendukung serta menfasilitasinya. Gubernur Koster mengatakan jika Bali dan Jepang memiliki kemiripan atau kesamaan dalam sisi kebudayaannya.

"Terimakasih atas kunjungannya. Kerjasama yang sudah dibangun cukup lama sudah berjalan dengan baik. Kerjasama yang sangat bermanfaat untuk masyarakat Bali terutama untuk Desa Mas. Kami sangat mendukung kerjasama ini. Kami terus mendorong kerjasama yang baik ini. Kami pemprov Bali siap untuk terus menjalin kerjasama. Desa Mas memiliki potensi wisata yang sangat bagus. Pertanian dan bidang budaya bisa terjalin kerjasama dengan baik," harapnya menambahkan jika kebudayaan Bali dan Jepang memilii banyak kesamaan. (DN - 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com