Bupati Suwirta Mantapkan Program Inovasi Gema Tansaplas - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/20/20

Bupati Suwirta Mantapkan Program Inovasi Gema Tansaplas


Klungkung, Dewata News. Com - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memimpin rapat pemantapan realisasi program inovasi terbarunya yakni Gerakan Bersama Puputan Sampah Plastik (Gema Tansaplas) diruang rapat Bupati Klungkung, Senin (20/1). Rapat ini guna memetakan tugas OPD terkait, sesuai bidang masing masing. Turut hadir Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Ida Bagus Ketut Mas Ananda, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan, Anak Agung Ngurah Kirana bersama jajaran dan Kepala Bagian Hukum, Ni Made Susilawati.

Program Gema Tansaplas merupakan sebuah program inovasi yang dicetuskan sendiri oleh Bupati Suwirta ditengah tidak pernah tuntasnya permasalahan sampah utamanya sampah plastik. Dirinya mengaku berbagai aksi yang sudah dilakukan namun belum mampu memerangi atau mengurangi sampah plastik. Selain itu masyarakat juga belum mampu mengubah pola pikir dalam menangani sampah plastik. Akibatnya masih saja ditemukan sampah plastik berserakan baik dilingkungan kota maupun pedesaan. Melalui program baru Gerakan Bersama Puputan Sampah Plastik diharapkan akan mampu mengubah pola pikir masyarakat dalam mengatasi sampah plastic, selain dengan pemberian sangsi tegas kepada pelanggar Perda tentang sampah.

"Beberapa aksi sudah kita lakukan, sejumlah bantuan alat juga sudah kita peroleh namun sampah plastic masih saja ditemukan dilingkungan sekitar kita, untuk itu diperlukan sebuah program yang akan benar benar dapat mengubah pola pikir masyarakat selain sangsi tegas yang akan diterapkan kepada para pelanggar Perda Sampah.” ujar Bupati Suwirta. 

Lebih lanjut Bupati Suwirta menjelaskan, dalam program Gema Tansaplas, seluruh masyarakat akan diharuskan memiliah sampah dari rumah tangga. Untuk masyarakat dikota, sampah plastiknya akan dikumpulkan dan selanjutnya dijual kepada pengepul, sedangkan sampah organiknya akan langsung diolah menjadi bahan pupuk organik. Sedangkan untuk sampah yang dihasilkan masyarakat didesa akan diolah TOSS Desa masing. Untuk mendukung program ini juga akan dibentuk Koperasi, sehingga Pemerintah akan mudah membantu dengan hibah. 

Selanjutya, Bupati Suwirta memerintahkan sebagai langkah pertama supaya dilakukan MoU dengan pembeli sampah plastik, kemudian menentukan format peluncuran program sehingga akan dapat menggerakkan seluruh lapisan masyarakat Klungkung. Selanjutnya segera akan dilakukan rapat dengan seluruh Perbekel dan Bendesa Adat se-Kabupaten Klungkung mengingat muara dari semua dari permasalahan sampah yakni sampah harus habis ditingkat desa.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com