Bupati PAS Ingin Cetak Perbekel Cerdas dan Berinovasi - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/19/20

Bupati PAS Ingin Cetak Perbekel Cerdas dan Berinovasi


Buleleng, Dewata News. Com - Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST mengharapkan Perbekel atau Kepala Desa terpilih periode tahun 2019-2025 di seluruh desa dari sembilan kecamatan di Kabupaten Buleleng agar memiliki kecerdasan dan berinovasi dalam upaya memajukan desa masing-masing.

"Perbekel juga harus dapat melaksanakan pembuatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dengan baik," ujar Bupati PAS dengan tegas saat memberikan arahan kepada 68 Perbekel yang mengikuti Pelatihan Awal Masa Tugas Perbekel Periode 2019-2025, Jumat (17/01) di kawasan Pantai Penimbangan, Singaraja.

Bupati PAS juga menegaskan, Perbekel atau Kepala Desa ''incumbent maupun newcomer'' diharapkan mampu memahami regulasi-regulasi desa. 

"Memahami tata cara pembuatan APBDes dan RPJM Desa sesuai dengan tupoksinya merupakan hal yang paling penting dalam menjalankan tugas nantinya," imbuhnya.

Terlebih para Perbekel ini nantinya, menurut Bupati, akan menempati barisan terdepan dalam pencapaian visi misi di Kabupaten Buleleng.

“Karena saya memiliki capaian kerja yang terukur, parameternya jelas dan bapak-bapak harus menyesuaikan dengan  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Buleleng,” tegasnya.

Sementara itu, Kadis PMD, Made Subur mengatakan pelatihan ini dilakukan kurang lebih selama empat hari kedepan, dengan tujuan menguatkan kapasitas Perbekel sesuai dengan visi misinya masing-masing.

“Kewajiban yang harus dipenuhi oleh Perbekel, yakni tiga bulan setelah dilantik harus sudah menyusun RPJM Desa. Hal tersebut sangat penting karena akan menjadi landasan pijak dalam rangka membangun  desa selama enam tahun kedepan," ujar Made Subur.

Karena itu, Ia mengisyaratkan, dalam penyusunan RPJM Desa perlu adanya pemahaman, agar selama tiga bulan ini dapat terselesaikan.

"Dalam pelatihan selama empat hari ini, kami akan sinkronkan dengan SKPD terkait dalam rangka penguatan kapasitasnya,” jelas Made Subur, usai membuka kegiatan.

Pelatihan Awal Masa Tugas Perbekel Periode 2019-2025 dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama diselenggarakan dari tanggal 17-22 Januari 2020, dan pelatihan tahap kedua akan dilaksanakan melalui kegiatan 'in house training" di Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. (DN - TiR).--

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com