Buleleng Segera Miliki TK Percontohan Senilai 1 Milyar - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

1/17/20

Buleleng Segera Miliki TK Percontohan Senilai 1 Milyar


Buleleng, Dewata News. Com - Kabupaten Buleleng akan segera memiliki sarana pendidikan terbaik berupa gedung Taman Kanak-Kanak (TK) dengan fasilitas terlengkap dan satu-satunya di Bali. Pembangunan TK Percontohan bantuan dari Pemerintah Pusat tersebut berlokasi di Desa Busungbiu, Kecamatan Busungbiu.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng, Made Astika, Jumat (16/01) mengatakan, bantuan pembangunan TK Percontohan itu diperoleh tahun 2019 lalu. Saat ini proses pembangunan swakelola tersebut sudah dalam tahap finishing dengan anggaran total senilai Rp1,088 miliar. TK Percontohan ini disebut akan menjadi TK dengan bangunan fisik dan sarana prasarana terlengkap di Bali.

“Secara fisik itu ada ruang aula, tempat pentas anak anak, ruang tamu, ruang guru, ruang bermain indoor outdoor, selain ruang kelas. Kalau prasarana penunjangnya juga sangat lengkap baik dari bahan ajar hingga fasilitas bermain anak-anak termasuk kloset di kamar kecilnya juga disediakan untuk anak kecil,” jelas dia.

Dipilihnya Desa Busungbiu sebagai lokasi pembangunan menurut Astika, karena kesiapan lahan seluas 35 are. Disamping jumlah siswanya yang cukup banyak hingga 70 orang lebih.

Dijelaskan, dari sisi kurikulum dan sistem pembelajaran di TK Percontohan ini tidak berbeda dengan TK negeri lainnya di Buleleng. Kurikulum yang digunakan sama dengan kurikulum di TK negeri pada umumnya. Hanya saja TK percontohan lebih kepada penyediaan sekolah yang mengutamakan kenyamanan anak dari segi sarana prasarananya.

TK Percontohan ini juga diharapkan dapat mengimbas TK-TK negeri yang ada di Buleleng, untuk memberikan kenyamanan peserta didik selama di sekolah. Meskipun selama ini puluhan TK negeri di Buleleng sudah menjalankan proses pendidikan sesuai dengan Standar Prosedur Minimal (SPM).

Sementara itu, selain membangun TK Percontohan, tahun ini Disdikpora Buleleng juga akan merenovasi TK Negeri Pangkung Paruk, Kecamatan Seririt yang dindingnya retak-retak akibat diguncang gempa pada November 2019 lalu.

Disdikpora Buleleng melalui APBD Kabupaten Buleleng tahun 2020 menganggarkan Rp150 juta untuk biaya perbaikan. Dipastikan proses renovasi akan dikerjakan pada awal tahun ini dan untuk sementara siswa di TK Pangkung Paruk akan direlokasi dengan meminjam gedung SD terdekat. Sehingga proses pembelajaran tak terganggu.

“Ini menjadi prioritas walaupun masih bisa digunakan gedung sangat membahayakan dengan kondisi tembok retak. Jadi kami mengutamakan keselamatan siswa. Nanti sementara proses renovasi berjalan pinjam gedung SD 1 atau 2 yang kebetulan dekat dengan TK,” pungkas Astika. (DN - TiR).--

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com