Selamatkan Terumbu Karang, Pokmaswas Desa Pacung Tanam Nemesis - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

12/30/19

Selamatkan Terumbu Karang, Pokmaswas Desa Pacung Tanam Nemesis


Buleleng, Dewata News. Com - Wisata Tirta terus dikembangkan dan digarap di wilayah Buleleng bagian timur, terutama wisata diving dan snorkeling. Untuk memberi suguhan tersebut tentunya ada tempat yang dapat dijadikan objek untuk dikunjungi. 

Kaitan dengan hal itu, Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Kertha Winangun Desa Pacung, Kecamatan Tejakula, telah mempersiapkan diri untuk pelayanan para wisatawan yang melakukan kegiatan diving atau snorkeling.

Mengandeng tiga kelompok nelayan, yakni Mina Segara Sari, Samudra Jaya dan Watu Gangga Sari bersama-sama sejak tahun 2012 melakukan konservasi laut, khususnya penenggelaman Hexadom sebagai tempat tumbuh kembangnya terumbu karang.  

Hexadom tersebut merupakan bantuan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng tahun 2012 lalu. Atas kerja nyata yang dilaksanakan Pokmaswas Kertha Winangun Desa Pacung, cukup berhasil dan banyak terumbu karang yang tumbuh. 

Guna mendukung kegiatan reboisasi di Pantai Desa Pacung, True Scuba juga memberi bantuan satu unit Nemesis. Nemesis sejenis hexadom berbentuk pohon Natal terbuat dari beton dan besi yang ditanam di tengah laut, 100 meter dari bibir pantai dengan kedalaman 10 meter. 

Nemesis ditenggelamkan Minggu pagi (29/12) melibatkan anggota Pokmaswas Kertha Winangun dibantu anggota nelayan. 

Putu Mangku Mariasa dari True Scuba saat menyerahkan bantuan tersebut menyatakan keseriusannya untuk membantu Pokmaswas Kertha Winangun, dikarenakan Nemesis memiliki fungsi sebagai alat transplantasi terumbu karang, ataktor cumi-cumi dan juga sebagai rumpon dasar. 

Putu Mangku menambahkan, semakin banyak ada hexadom nantinya akan mempercepat tumbuhnya terumbu karang sehingga akan mampu menarik para wisatawan  pecinta alam bawah laut.

“Kami ingin mengembangkan tempat tempat rekreasi penyelaman, tidak hanya di satu titik saja,” tegas Putu Mangku. (DN - TiR).--

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com