Pos Banjar Diharapkan Mampu Tingkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Banjar - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

12/30/19

Pos Banjar Diharapkan Mampu Tingkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Banjar


Karangasem, Dewata News. Com - Pos banjar atau aplikasi berbasis Banjar telah resmi di Launching minggu pagi kemarin bertempat di Banjar Semseman, Desa Sangkan Gunung, Kecamata Sidemen Kabupaten Karangasem. Pos Banjar merupakan aplikasi berbasis banjart hasil karya putra bali DR I Gusti Ngurah Rai Sutanegara sebagai bentuk kepedulian terhadap keberadaan dan mengembalikan fungsi Banjar dan secara langsung akan berdampak pada kemajuan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat atau karma Banjar.
Pos Banjar atau aplikasi berbasis Banjar merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk segala bentuk pembayaran dan transaksi seperti pembelian pulsa hp dan listrik, pembayaran iuran BPJS dan masih banyak layanan lainnya yang langsung dikelola oleh karma banjar itu sendiri. Sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh membeli keperluan seperti pulsa dan juga pembayaran iuran karena semuanya bisa dilakukan di Banjar. Seperti yang dilakukan karma Banjar semseman, Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen Kabupaten Karangasem ini. Setelah sebelumnya dilakukan sosialisasi oleh tim Pos Banjar mulai dari awal Desember 2019, Per hari ini sudah banyak dilakukan transaksi pembelian pulsa hp dan pulsa listrik yang dikelola langsung oleh Sekaa Teruna Teruni Dharma Sesana yang merupakan STT yang ada di Banjar Semseman.
Creator Pos Banjar DR I Gusti Ngurah Rai Sutanegara yang ditemui di sela-sela kegiatan launching mengatakan, Pos Banjar atau aplikasi berbasis Banjar  hadir bukan untuk menambah persaingan di bidang atau industri yang sama melainkan hadirnya Pos Banjar merupakan upaya meringankan program pemerintah dalam hal mensejahterakan masyarakat utamanya masyarakat Banjar. Dimana adanya Pos banjar ingin menyelamatkan uang receh semeton karma Bali dimulai dari tingkat Banjar. 

Salah satu contoh dalam hal pembelian pulsa. Setiap orang pasti memiliki minimal 1 Handphone dan itu pasti membutuhkan Pulsa, jika selama ini pulsa dibeli di toko modern yang rata-rata selisihnya 2000 dan itu menjadi keuntungan toko modern, alangkah baiknya jika membeli pulsa di Pos Banjar maka selisih dan keuntungan yang 2000 rupiah itu bisa masuk ke Banjar dan bisa menjadi Khas Banjar. Belum lagi pembelian token, dan pembayaran iuran lainnya sudah pasti keutungan yang didapat banjar akan menjadi lebih besar. Dan itu semua akan kembali ke masyarakat jika keuntungannya sudah terkumpul banyak semeton banjar tidak lagi kena iuran banjar, iuran sampah bahkan bias digunakan untuk keperlkuan agama dan acara banjar lainnya. Dan secara tidak langsung semeton banjar dalam hal itu bias disebut mepunia terhadap banjar, Namun hal terpenting dengan kehadiran Pos Banjar adalah memfungsikan kembali peran banjar yang sebenarnya untuk menyama braya dan gotong royong sehingga warga bisa bertemu di Banjar.
Kehadiran Pos Banjar atau aplikasi berbasis Banjar disambut baik oleh pemerintah Khususnya Pemerintah Kabupaten Karangasem yang menjadi Kabupaten Pertama yang banjarnya sudah dilakukan launching dan uji coba terkait pos Banjar. I wayan Artha Dipa mengapresiasi inovasi salah satu putra bali yang sangat peduli dengan kesejahteraan masyarakat yang ada di banjar. Pemerintah sangat mendukung dan menyambut baik hal tersebut dan mengharapkan semua banjar yang ada di Kabupaten Karangasem bias menggunakan aplikasi Pos Banjar karena itu akan berdampak positif bagi keberadaan banjar itu sendiri.
Tidak hanya pemerintah kabupaten, Bendesa adat Sangkan gunung Nengah Brata yang juga terus mengikuti perkembangan Pos Banjar di Banjar semseman sangat berterima kasih karena telah menemukan solusi terkait mensejahterakan masyarakat banjar di era digital seperti sekarang ini dan salah satu tokoh masyarakat Bali I Dewa Ketut Mentik Mardika juga menyambut baik kehadiran Pos Banjar karena dinilai sangat berpengaruh terhadap perekonomian di Banjar karena semua hal yang besar pasti semua melalui banjar.
Kedepannya Pos banjar akan terus berinovasi tidak hanya untuk keperluan pembelian pulsa hp dan listrik serta pembayaran iuran. Pos Banjar juga akan menyiapkan E-Catalog yang nantinya bisa sebagai layanan penjualan produk kerajinan dan UMKM unggulan yang ada di Banjar sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan bagi pengerajin dan pelaku UMKM yang ada di Banjar.
Pos Banjar juga mengajak baik kelompok ataupun perorangan untuk ngayah bergabung dengan management Pos banjar untuk mengadakan roadshow di seluruh banjar yang ada di bali.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here