Gedung SDN 3 Patas Terbakar, Kerugian Capai Rp450 Juta - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

12/25/19

Gedung SDN 3 Patas Terbakar, Kerugian Capai Rp450 Juta


Buleleng, Dewata News. Com - Telah terjadi kebakaran gedung sekolah, yakni SDN 3 Desa Patas hari Rabu (25/12) pagi di Banjar Dines Yeh Panes, Desa Patas, Kecamatan Gerokgak.

Sebagai korban atas nama, Nyoman Sudarmi, S.Pd yang merupakan Plt. SDN 3 Desa Patas yang berlokasi di Banjar Dinas Yeh Panes. Bangunan yang terbakar gedung sekolah berukuran 30 x 7 meter, dinding tembok permanen, atap genteng, plapon gedeg, dengan lantai keramik.

Barang-barang terbakar 1 Unit Gedung yang terdiri dari 1 ruang Guru dan 3 Ruang kelas terbakar keseluruhan. Seluruh isi 1 unit gedung sekolah terbakar antara lain,1 unit komputer dan 2 printer, 1 set Sofa, 8 meja guru dan 8 kursi,  3 kipas angin, 1 dispenser dan surat surat penting yg berada di ruang guru. Selain itu, 60 set meja dan kursi siswa, 3 papan tulis, 3 set meja dan kursi guru yg berada di 3 ruang kelas.

Saksi-saksi Made Suluh Jaya (51) alamat Banjar Dinas Yeh Panes, Desa Patas, dan Ketut Widana Utama (42) yang PNS alamat Banjar Dinas Mekar Sari, Desa Patas, Kecamatan Gerokgak.

Kronologis peristiwa kebakaran terjadi pada hari Rabu pagi (25/12) jam 09.30 Wita dengan saksi Made Suluh Jaya dan Ketut Widana Utama
melihat ada asap yg diperkirakan dari gedung Sekolah Dasar Negeri 3 Patas. Selanjutnya kedua saksi mendatangi lokasi asap tersebut. 

Sesampainya di TKP, melihat api sudsh besar pada atap sebelah timur bangunan sekolah. Selanjutnya saksi Made Suluh Jaya berusaha memadamkan api menggunakan selang air yg ada di sekolah.

Kemudian saksi Ketut Widana Utama mendobrak pintu ruangan kelas di sebelah barat bangunan yg terbakar untuk memutus sambungan kabel listrik yang menghubungkan kedua gedung tersebut guna mencegah agar api tidak menjalar ke gedung gedung lainnya.  

Beberapa saat kemudian banyak masyarakat dtg membantu memadamkan api, namun api sudah besar, sehingga tak bisa dipadamkan. Akibatnya, seluruh bangunan gedung terdiri dari satu ruang guru dan tiga ruang kelas beserta isinya habis terbakar. 

Pemadaman api dibantu oleh 4 unit damkar, terdiri dari 2 unit damkar PLTU Celukanbawang, 1 unit damkar Pelindo dan 1 unit damkar Seririt, sehingga api baru bisa dipadamkan pd pukul 11.30 Wita.

Penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan Polsek Gerokgak, dengan mengamankan TKP dan mengumpulkan bahan keterangan di TKP dalam proses lidik. Karena atas peristiwa tersebut, pihak korban saat ini belum  melaporkan ke Polsek Gerokgak. Kerugian sementara diperkiralan sekitar Rp450.000.000. (DN - TiR).--

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com