Wujudkan SDM Unggul Melalui Pendidikan Digital - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/6/19

Wujudkan SDM Unggul Melalui Pendidikan Digital


Denpasar, Dewata News. Com - Sesuai apa yang disampaikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait peluncuran program digitalisasi sekolah yang akan di khususkan di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

"Sepatutnya kita dukung, sebab melalui digitalisasi sekolah akan mampu memberikan sebuah terobosan baru dalam dunia pendidikan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dalam berbagai aspek pengajaran,” ujar anggota komisi II DPRD Kota Denpasar, I Nyoman Gede Sumara Putra, ST, Selasa (5/11).

Dikatakan, melalui pendidikan digitalisasi yang akan diterapkan sekolah-sekolah tentu akan dirasakan kelebihanya yakni akan bisa mempermudah proses belajar mengajar, sebab para siswa akan langsung dapat mengakses semua bahan ajar ataupun bahan ujian dalam satu jaringan. 

"Sebelum program ini bisa ditepakan penuh nantinya, pihaknya beharap kepada Kemendikbud agar terlebih dahulu menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul yang mampu menguasai Ilmu Teknologi (IT)," terangnya.

Lebih jauhnya, untuk penerapan pendidikan digital secara menyeluruh tentu akan dirasakan membutuhkan waktu, kalau di Kota-kota besar mulai diterapkan. Pastinya tidak jadi masalah, ketika pendidikan itu sudah dirasakan merata. 

"Sementara untuk di daerah tepencil yakni di desa-desa tentu penerapan pendidikan digital akan sulit diterapkan, dan tentunya akan butuh proses. Maka itu, yang harus disiapkan terlebih dahulu adalah SDM  yang unggul yang  mampu menguasai Ilmu Teknologi (IT)," ucapnya.

Dijelaskan, kalau pendidikan digital bisa diterapkan hingga ke desa-desa, maka dipastikan masyarakat yang ada di desa tidak berduyun-duyun ke kota hanya sekedar mencari pendidikan semata. 

"Untuk bisa memberikan SDM unggul tentu harus saling bersinergis antar semua pihak, baik dari intansi pemerintahan yang mengemban dunia pendidikan maupun dari swasta," jelasnya.

Ditambahkan, sebelum para siswa bisa menguasai pendidikan digital, mustinya para siswa harus mampu menguasai Bahasa Inggris, karena begitunya banyaknya program digital isinya lebih banyak mengarah ke Bahasa Inggris. Jika ini bisa dikuasai, maka penerapan pendidikan digital bisa bejalan dengan efektif. Apalagi kita inginkan disini adalah setiap perubahan yang terjadi bisa diikuti. 

"Begitupula dengan SDM guru pengajar musti memiliki kreteria  unggul dalam penguasaan IT, sebab dari sinilah akan bisa mengetahui sejauh mana ouput dan input guru pengajar tersebut," pungkasnya. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com