Jaga Kesucian, Catur Desa Adat Dalem Tambloingan Inginkan Status Hutan Jadi Hutan Adat - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/5/19

Jaga Kesucian, Catur Desa Adat Dalem Tambloingan Inginkan Status Hutan Jadi Hutan Adat


Buleleng, Dewata News. Com —  Keinginan Catur Desa Adat Dalem Tamblingan menjadikan hutan yang berada di wilayah Adat Catur Desa menjadi hutan adat, mendapat tanggapan positif dari Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST. Catur Desa sendiri merupakan empat desa adat di Kawasan Danau Tamblingan yang menyungsung Pura Danau Tamblingan. Catur Desa Adat Tamblingan terdiri dari Desa Pakraman Munduk, Gobleg, Ume Jero, dan Pakraman Gesing, di Kecamatan Banjar dan Kecamatan Busungbiu.

Selama ini, hutan yang berada di kawasan tersebut merupakan wewenang dari Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) wilayah Bali. Catur Desa Adat Dalem Tamblingan akan mengajukan permohonan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia agar bersedia memberikan persetujuan menjadikan hutan di wilayah Adat Catur Desa menjadi hutan adat. 

”Ini dilakukan untuk menyelamatkan lingkungan sekitar. Bagi masyarakat Catur Desa Adat Dalem Tamblingan, hutan yang diberi nama hutan Mertha Jati tersebut merupakan kawasan suci. Sehingga perlu penguatan awig-awig untuk menjaga hutan tersebut”, ungka- Ketua Tim Sembilan Catur Desa Adat Dalem Tamblingan, Jero Putu Ardana saat melakukan audiensi dengan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST di Rumah Jabatan Bupati Buleleng, Selasa (05/11). 

Dalam audiensi tersebut, Jero Putu Ardana memohon surat pengakuan keberadaan  Catur Desa Adat Dalem Tamblingan kepada Bupati Buleleng. Surat ini nantinya akan dijadikan sebagai pengantar ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Menurutnya, hutan itu merupakan kawasan suci yang secara turun temurun dijaga oleh masyarakat Catur Desa Adat Dalem Tamblingan. Jero Putu Ardana mengatakan, selama ini keberadaan Catur Desa Adat Dalem Tamblingan dalam menjaga hutan tersebut tidak bisa maksimal karena terbentur regulasi. Jadi dengan ditetapkannya hutan tersebut menjadi hutan adat, Catur Desa Adat Dalem Tamblingan bisa menjaga hutan tersebut.

”Dengan ditetapkannya hutan menjadi hutan adat, posisi kami menjadi jelas, sehingga kami bisa menjaga kelestarian hutan dan hutan tersebut menjadi suci,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST mengatakan, sangat setuju dengan usulan dari Catur Desa Adat Dalem Tamblingan, seperti diungkapkan Kabag Humas dan Protokol Setda Buleleng Ketut Suwarmawan, S.Stp., MM didampingi Kadis Perhubungan Kabupaten Buleleng Gde Gunawan. AP. 

Menurutnya, dengan terlibatnya Catur Desa Adat Dalem Tamblingan, mereka bisa membuat peraturan-peraturan yang kuat. Dengan peraturan yang dibuat oleh desa adat, dirinya meyakini hutan tersebut akan bisa terjaga kelestariannya. Disinggung mengenai surat pengakuan keberadaan Catur Desa Adat Dalem Tamblingan, dirinya akan mepelajari dulu dasar hukum yang ada.

“Pada dasarnya saya sangat setuju, namun saya akan mengkaji dulu dasar-dasar hukumnya supaya saya ga salah,” pungkasnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com