Program ATI Mempermudah Penanggulangan Sampah Rumah Tangga - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

11/6/19

Program ATI Mempermudah Penanggulangan Sampah Rumah Tangga


Denpasar, Dewata News. Com - Anggota Komisi III DPRD Kota Denpasar, Agus Wirajaya mengatakan segala bentuk program berbasis Aplikasi Teknologi Informasi (ATI) itu penting untuk mempermudah dan mempercepat akses, namun tetap diperlukan upaya kongkrit dalam bentuk gerakan massal yang dilakukan secara berkesinambungan dan konsisten dalam penanggulangan sampah di masyarakat. 

"Dimana program pengelolaan sampah ini akan bermanfaat maksimal bila masyarakat memiliki kesadaran dan kebiasaan untuk bisa mengelola dan menangani sampahnya dengan baik," ujarnya, Rabu (6/11).

Dikatakan, yang paling dibutuhkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar  nantinya bisa dianggarkan terkait sampah, sebab sarana prasarana penunjang dalam pengelolaan sampah rumah tangga, sehingga  kelompok masyarakat terkecil akan bisa ikut merasakan program ATI. 

"Karena, melalui program tersebut akan mampu dibuatkan peraturan, sehingga program pemilahan dan pengelolaan sampah dapat menjadi kebiasaan positif masyarakat secara optimal dan nyata hasilnya," terangnya.

Lebih jauh, Agus Wirajaya juga mengatakan Pemkot harusnya mulai memikirkan pola edukasi dan program penanganan sampah di rumah tangga, mulai dari pemilahan dan pengolahan sampah organik di masing-masing rumah tangga.

"Paling tidak dapat dilakukan secara massal termasuk juga hasil pengolahan sampah dirumah tangga tersebut dapat menghasilkan insentif atau tambahan penghasilan  bagi rumah tangga itu sendiri," ucapnya.

Dijelaskan, membuka atau menambah tempat pembuangan sampah alternatif hanyalah jalan keluar jangka pendek, tetapi bagaimana mengurangi sampah rumah tangga yang perlu dilakukan sehingga volume sampah ke Twmpat Pembuangan Akhir  (TPA) yang ada jadi berkurang.

"Pemkot perlu hadir untuk mengubah perilaku dan kebiasaan masyarakat dalam menangani sampah terutamanya sampah rumah tangga," imbuhnya.

Ditambahkan, bila pengelolaan sampah dilakukan secara benar, maka otomatis kebersihan dengan sendirinya akan terjaga. Menjaga kebersihan harus dimulai dari menjaga lingkungan disekitar harus tetap bersih.

"Kuncinya kesadara kita bersama dalam memperhatikan lingkungan agar tetap bersih yang di awali dari diri kita sendiri," tambahnya. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com