BBRBLPP Gondol Gelar Sekolah Lapang Tripang Pasir - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

11/24/19

BBRBLPP Gondol Gelar Sekolah Lapang Tripang Pasir


Buleleng, Dewata News. Com - Kabupaten Buleleng salah satu daerah yang berhasil membudidayakan Tripang Pasir. Keberhasilan budidaya tripang melalui penelitian yang dilakukan Balai Penelitian Budidaya Laut dan Penyuluh Perikanan (BBRBLPP) Gondol di Kecamatan Gerokgak.

Mengembangkan hasil penelitian tersebut BBRBLPP menggandeng KUB Gesara Indah Sumberkima untuk memfasilitasi membudidayakan komoditas langka tersebut. 

Sebab, tripang dikategorikan langka dan memiliki nilai jual tinggi serta berkhasiat untuk kesehatan. Semakin menyukai BBRBLPP Gondol tertarik membudidayakan tripang pasir agar populasinya semakin meningkat.

Untuk pengembangan tripang, diawali dengan kegiatan sosialisasi pada bulan Juli 2019, kemudian dimulai dengan kegiatan temu lapang percontohan membahas kelautan dan perikanan dengan sistem kurungan jaring tancap dilaksanakan pada hari Rabu siang (20/11) di Sumberkima, Kecamatan Gerokgak.

Temu lapang menghadirkan Kasubdit Penyelenggaraan Penyuluhan Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, Faisal Riza Ghazale dan juga peneliti Prof Dr Nyoman Adi Asmara Giri, MS.

Kepala Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluh Perikanan Gondol, Ir Bambang Susanto mengatakan, BBRBLPP berkewajiban untuk memberi peluang bagi petani untuk melakukan kegiatan budidaya hasil penelitian yang dilakukan pihak balai. Terlebih tripang yang memiliki nilai jual tinggi dengan teknologi yang dibutuhkan dapat menghasilkan produk berkwalitas.

Bambang menambahkan, saat ini tripang sebagai olahan kosmetik dan bahan makanan bergizi, maka dibutuhkan produksi untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat.

“Kami bisa meningkatkan kembali, menyetujui ini bisa diupayakan oleh masyarakat, pastinya populasi akan meningkat. Namun, yang terpenting adalah bagaimana menggunakan teknologi ini, dapat diadopsi oleh masyarakat," ungkapnya.

Kasubdit Penyelenggaraan Penyuluhan, Faisal Riza Ghazale mengatakan, bahwa KKP akan mendukung upaya-upaya pembudidayaan melalui balai-balai yang ada.

Terlrbih, BBRBLPP Gondol telah menghasilkan banyak budidaya laut yang berkualitas tinggi, terlebih BBRBLPP Gondol merupakan balai terbesar di Asia Tenggara.

"Penyuluh yang mengubah masyarakat, melalui teknologi atau bahasa yang lebih sederhana," ucapnya.

Selanjutnya di tahun 2020, KKP RI kembali akan menggelontorkan bantuan empat paket untuk BBRBLPP Gondol. (DN - TiR).--

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com