50 Dosen Fakultas Pendidikan Unhi Ikut Workshop PEKERTI - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

11/23/19

50 Dosen Fakultas Pendidikan Unhi Ikut Workshop PEKERTI


Buleleng, Dewata News. Com - Fakultas Pendidikan Univeraitas Hindu Indonesia (Unhi) menggelar workshop bertemkan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) di Hotel Puri Nusa Indah, Waribang yang dilasanakan selama tiga hari dari tanggal 22 sampai 24 November 2019.

Workshop yang di buka Rektor Unhi, Prof.Dr.drh. I Made Damriyasa, M.S ini diikuti sebanyak 50 orang dosen yang terdiri dari 35 orang dosen dari 4 Program Studi (Prodi) yang ada di Fakultas Pendidikan Unhi yakni Prodi Pendidikan Agama Hindu, Prodi Pendidikan Seni Tari Keagamaan Hindu, Prodi Pendidikan Seni Karawitan Keagamaan Hindu serta Prodi Pendidikan Seni Rupa dan Ornamen Hindu. Kemudian yang 15 orang dosen lagi dari beberapa Fakultas yang ada di Unhi. Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Panitia Workshop, I Wayan Sukadana, S.Sn.,M.Si, Jumat (22/11).

Ketua panitia workshop, Wayan Sukadana menjelaskan bahwa ada beberapa materi yang nantinya disampaikan oleh masing-masing narasumber seperti Drs. I Made Sujana, MA, Ir. Hermawan Suheri, M.Sc., Ph.D, Drs.H.Mumbrita Sulaimi, M.Pd, dan Dr. I Wayan Karta, MS dengan moderator Dr.Drs. I Gusti Ketut Widana, M.Si, I Ketut Winantra, S.Si., M.Pd.H, Dra. I Gusti Ayu Suasthi, M.Pd dan I Kadek Sumadiyasa, S.Sn., M.Si.

Untuk hari pertama, Jumat (22/11) ada tiga materi dibahas yakni membahas tentang  taksonomi tujuan pembelajaran, analisa pembelajaran (CPMK, KA/Sub-CPMK, Indikator) serta strategi pembelajaran berorintasi KKNI dan SN-Dikti. 

Pada hari kedua, Sabtu (23/11) ada empat materi yang dibahas yakni membahas tentang penilaian hasil pembelajaran berlandaskan SN-Dikti, analisis lembelajaran (CPMK, KA/Sub-CPMK, Indikator), penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Rencana Tugas Mahasiswa (RTM) berdasarkan SN-Dikti dan penjelasan tugas berstruktur, serta penjelasan tugas pembuatan analisa pembelajaran mata kuliah dari CPMK menjadi KA, dari KA menjadi indikator menggunakan pola hirarkhis, prosedural, pengelompokan atau kombinasi. 

"Pada hari keempat, Minggu (24/11) dilaksanakan persentase produk analisis pembelajaran dan presentase draf RPS dan RTM. Pada penutupan workshop akan diisi dengan laporan hasil workshop PEKERTI," jelasnya.

Sementara dari Dekan Fakultas Pendidikan Unhi, Prof.Dr.Ida Ayu Gde Yadnyawati, M.Pd menambahkan, workshop yang ditujukan untuk para dosen ini adalah sebagai bekal untuk lebih menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan agar lebih baik lagi kedepanya. Paling tidak melalui workshop ini juga akan mampu meningkatkan kualitas mutu lulusan.

"Karema melalui workshop ini, para dosen akan lebih bisa mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) lebih baik lagi nantinya. Bahkan lebih mampu meningkatkan kompetensi dalam mendidik. Workshop ini baru sebatas pelatihan dasar buat para dosen. Jika ingin sepenuhnya bisa berkompetisi, maka para dosen dalam mengajar harus lebih profesional, dan mampu merealisasikan hasil penelitian dengan baik. Para dosen yang telah mengikuti kegiatan workshop akan dibagikan sertifikat," tambahnya.

Ida Ayu Gde Yadnyawati juga mengatakan kalau Fakultas Pendidikan Unhi, pada tanggal 9 Desember 2019 akan melaksanakan kegiatan berupa  pengabdian masyarakat di Desa Banyuatis, Buleleng yaitu akan mengunjungi panti asuhan dan kegiatan lainya. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com