Kapolsek Gerokgak Ikut Tradisi "Meboros" Kidang di Desa Busungbiu - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

10/10/19

Kapolsek Gerokgak Ikut Tradisi "Meboros" Kidang di Desa Busungbiu


Buleleng, Dewata News. Com - Warga Desa Pakraman Busungbiu, Kecamatan Busungbiu melaksanakan kegiatan "meboros" (berburu) Kidang pada hari Kamis pagi (10/10).

Kegiatan meboros/berburu kidang hingga pukul 13.00 Wita itu dilaksanakan oleh warga krama Desa Pakraman Busungbiu yang merupakan rangkaian upacara puja wali Agung Pura Puseh Desa Busungbiu, Kecamatan Busungbiu. 

Kegiatan diawali dengan sembahyang bersama di Pure Puseh Desa Busungbiu untuk memohon keselamatan dan kelancaran serta keberhasilan dalam mendapatkan hasil meboros. 

Kapolsek Busungbiu Kompol Made Agus Dwi
Wirawan, SH, MH mengatakan, bahwa wilayah meboros kidang adalah meliputi  perkebunan di seputar Desa Titab, Desa Subuk, Desa Telaga dan pesisir hutan Desa Pucaksari, Kecamatan Busungbiu. 

Menurut Kapolsek Kompol Made Agus Dwi Wirawan, SH, MH, adapun tujuan dari pada dilaksanakannya kegiatan meboros/berburu kidang adalah melaksanakan tradisi turun temurun yang harus dilestarikan dan dilaksanakan serta merupakan rangkaian upacara pujawali Agung Pura Puseh Desa Busungbiu yang dilaksanakan lima tahun sekali.

"Hasil kegiatan meboros/berburu diperoleh dengan hasil dua ekor kidang yang selanjutnya dipergunakan untuk upacara piodalan Pura Puseh Busungbiu", ujarnya.

Kegiatan pam dipimpin Kapolsek Busungbiu AKP Made Agus Dwi Wirawan, SH, MH dengan 10 anggota, pelaksanaannya berjalan dengan aman dan tertib. (DN - TiR).--

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com