Rektor UNR Beri Pembekalan Pendidikan Karakter Untuk 800 Maba - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

9/1/19

Rektor UNR Beri Pembekalan Pendidikan Karakter Untuk 800 Maba


Denpasar, Dewata News. Com - Pada kesempatan yang baik tersebut, Rektor Universitas Ngurah Rai (UNR) Denpasar, Dr.Drs. Nyoman Sura Adi Tanaya, M.Si bersama para dekan dan dosen dimasing-masing Fakultas dan Program Pascasarjana  untuk mengajak seluruh Mahasiswa Baru (Maba) dalam acara  Adaptasi Kehidupan Kampus dan Inagurasi (AKKI) yang dilaksanakan dihalaman kampus setempat, Sabtu (31/8).

"Sekitar sekitar 800 Maba yang terdiri dari Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) serta Program Pascasarjana untuk mengikuti AKKI," ujar Wakil Rektor III Dewa Made Karsa, SH, MM.

Rektor Sura Adi Tanaya pada saat pelaksanaan AKKI untuk Maba mengatakan kalau keinginan utama adalah bisa menjadikan mahasiswa UNR agar menjadi kader-kader Pancasila yang berkarakter dan menjadi manusia yang siap mengabdi demi bangsa dan negara layaknya sosok Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai yang menjadi ikon kampus Perjuangan UNR. 

Nyoman Sura Adi Tanaya juga menjamin, bahwa pelaksanaan AKKI untuk Maba di UNR berjalan tanpa perploncoan, namun lebih menekankan aspek edukasi serta penguatan ideologi bangsa. Pada pelaksanaan AKKI untuk Maba juga mengundang sejumlah nara sumber untuk memberi materi tentang 4 Pilar Kebangsaan yang meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. 

"Mahasiswa sudah dewasa, jadi tak perlu ada perploncoan, semua kami awasi. Kami lebih memilih untuk menekankan ideologi bangsa yang kian tergerus. Kami jamin UNR tidak akan pernah terpapar oleh radikalisme, sebab di UNR sendiri tanggung jawab moral lebih diutamakan terutamanya dalam mengenang jasa Pahlawan I Gusti Ngurah Rai," terangnya.

Nyoman Sura Adi Tanaya juga mengingatkan kepada Maba tentang Perguruan Tinggi yang merupakan tempat mencetak kaum intelektual, sehingga pengelola Perguruan Tinggi harus selalu waspada jangan sampai muncul pihak yang tak bertanggung jawab menguasai ranah intelektualitas bangsa ini. 

"Selain itu, dirinya juga bersyukur iklim akademik di UNR berjalan baik sehingga melahirkan banyak lulusan untuk menjadi seorang tokoh-tokoh penting seperti Camat, Bupati, Wali Kota, hingga Menteri. Dimana, pada tahun 1980-an hampir semua Camat di Bali dari mahasiswa UNR. Sekarang Bupati Karangasem dan Gianyar, belum lagi di kalangan DPRD. Tak kalah penting Menteri Koperasi dan UKM yang juga mantan Wali Kota Denpasar adalah alumni UNR yakni Puspa Yoga. Jadi kalian tidak salah memilih UNR," ucapnya sambil memotivasi Maba.

Lebih jauhnya, menghadapi persaingan yang semakin ketat, Nyoman Sura Adi Tanaya mengaku telah memperkuat kerja sama dengan sejumlah Universitas di luar negeri seperti Thamassat University (Thailand), Arizona State University (USA), Universitas Gajah Mada (Yogyakarta), Universitas Muhammadiyah dan lainnya. 

"Bahkan mahasiswa UNR telah diajak studi banding ke luar negeri agar tidak hanya dibilang jago kandang. Sembari menambahkan secara internal UNR telah mendapat rekomendasi membuka Prodi baru yang sesuai dengan kebutuhan Revolusi Industri 4.0. Seiring meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap keberadan UNR, kami dirikan gedung baru, fasilitas internet dan membuka kelas perkuliahan pagi dan lainya untuk terus memajukan dunia pendidikan terutamanya di Perguruan Tinggi," tambahnya. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com