Gaet Kunjungan Wisata ke Bali Utara, Gelaran PASRAJA IV "Merasuk'' Kawasan Wisata Lovina - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

9/4/19

Gaet Kunjungan Wisata ke Bali Utara, Gelaran PASRAJA IV "Merasuk'' Kawasan Wisata Lovina


Buleleng, Dewata News. Com – Gelaran pesta seni budaya atau PASRAJA Kecamatan Banjar setelah ke empat kalinya lebih "merasuk" ke kawasan wisata Lovina.

Gelaran Seni-Budaya Rakyat Banjar (PASRAJA) IV tahun 2019 yang dipusatkan di Pantai Kaliasem, Kecamatan Banjar,  Selasa malam (03/09), cukup meriah dan semarak desir angin pantai Lovina.

Gelaran PASRAJA IV yang dibuka secara resmi oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, dihadiri Wabup dr. Nyoman Sutjidra, Sp.OG, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, SH bersama sejumlah anggota DPRD Buleleng, anggota Komisi IV DPRD Bali Ny. Aries Sujati Suradnyana, para Kadis dan Kabag di lingkup Pemkab Buleleng, serta para camat itu, disaksikan oleh ribuan penonton yang ''numplek blek" di pesta seni budaya kecamatan Banjar.

Ribuan penonton malam itu, bukan hanya masyarakat lokal, terutama masyarakat di sekitar kawasan pariwisata Lovina, tetapi turis mancanegara.

Buktinya, arena PASRAJA IV yang dibagi dalam beberapa zona semuanya dipadati penonton, baik domestic maupun mancanegara.

Malam pertama, berbagai suguhan seni budaya dan hiburan ditampilkan di panggung utama. 

Selain seni tradisional, juga disemarakkan music band dengan membawa sejumlah lagu, baik lagu-lagu tenar milik Iwan Fals maupun lagu-lagu barat. 

Penampilan band music yang  udah ''mendarah," di pusat kawasan wisata Lovina ini  membuat penonton mancanegara tidak beranjak dari tempat, kendati mereka berbaur duduk pasir.

Bupati PAS sapaan akrab Putu Agus Suradnyana pada kesempatan itu mengajak masyarakat untuk mengenang kejayaan seni budaya leluhur Buleleng yang adi luhung. 

“Kita patut bangga, karena seni budaya yang ditinggalkan leluhur kita, ternyata keberadaannya diakui oleh masyarakat dunia dan menjadi kebanggaan bangsa,” papar Bupati PAS.

Sebagai pencetus Bulfest (Buleleng  Festival) Bupati PAS merasa bangga, karena beberapa desa bisa mengajak anak-anak muda terlibat langsung dalam penampilan seni budaya di PASRAJA kali ini. 

Menurut Bupati PAS, bahwa paramater keamanan, parameter pemberdayaan lewat kegiatan kesenian telah membuahkan hasil, telah membuat masyarakat lebih beretika, menghargai estetika, melalui kesenian di seluruh desa. 

"Bahkan, hal-hal yang bersifat persaudaraan setiap hari makin meningkat, khususnya di Kecamatan Banjar,” jelas Bupati PAS meyakinkan. (DN - TiR).--

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com