Fisip UNR Laksanakan Penanaman 1000 Pohon di Danau Buyan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

9/1/19

Fisip UNR Laksanakan Penanaman 1000 Pohon di Danau Buyan


Buleleng, Dewata News. Com - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Ngurah Rai (UNR) Denpasar melaksanakan pengabdian kepada masyarakat atau bakti sosial (baksos) di kawasan Danau Buyan, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng melalui gerakan penanaman 1000 pohon sebagai implementasi Tri Hita Karana, Sabtu (31/8).

Dekan Fisip UNR Dr. Gede Wirata, S.Sos, SH, MAP di lokasi penanaman pohon di Danau Buyan, Desa Pancasari, Buleleng mengatakan sebanyak 296 mahasiswa dari semester III, V dan VII dilibatkan dalam penanaman 1000 pohon. Ada 7 jenis pohon yang akan ditanam diantaranya pohon jenis mahoni, majegau dan intaran. 

"Mudah-mudahan melalui penanaman pohon berbagai jenis ini akan bisa bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Apalagi sesuai konsep UNR yakni Tri Hita Karena yang salah satunya manusia dengan lingkungan tentu akan ikut peduli untuk melestarikan hutan lindung yang ada di kawasan ini," terangnya.

Gede Wirata menjelaskan, memilih kawasan Danau Buyan, Desa Panca Sari, Buleleng sebagai lokasi pengabdian kepada masyarakat atau baksos selama 3 hari adalah untuk mengajak para mahasiswa Fisip UNR untuk bisa lebih memahami seperti apa kondisi rill di lapangan, baik dari karakter masyarakat maupun lingkungan, bukan sebaliknya hanya sebatas pemahaman teori saja. 

"Setelah penanaman 1000 pohon yang dilakukan oleh Fisip UNR ini akan kembali melakukan kerjasama lanjutan dengan Prebekel Desa Panca Sari, Buleleng yakni kembali akan melakukan pengabdian kepada masyarakat atau baksos lewat penanaman 5000 pohon, sebab hutan yang ada di kawasan ini hutanya masih sangat luas," jelasnya.

Lanjut Gede Wirata, setelah melaksanakan penanaman pohon, maka keesokan harinya, Minggu (1/9) mahasiswa diajak untuk melaksanakan berbagai kegiatan, salah satunya game ketangkasan seperti memasukan pensil atau paku ke dalam botol. Bahkan ada kegiatan lainya yang berkaitan dengan pengimplementasian dari pada Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sementara Prebekel Desa Panca Sari, Buleleng Wayan Darsana menambahkan soal bantuan 1000 pohon yang diberikan oleh Fisip UNR tentu bermanfaat sekali. Apalagi keinginan masyarakat di kawasan Danau Buyan, Desa Panca Sari, Buleleng dan pemerintah sendiri adalah untuk menjadikan hutan lindung ini menjadi lebih hijau dan asri kedepanya. 

"Selain itu, kawasan Danau Buyan, Desa Panca Sari, Buleleng ini juga mau dijadikan kawasan obyek wisata. Dimana di kawasan ini akan terdapat agro wisata, kemping tour dan lainya. Karena kawasan ini masuk kawasan suci tentu tidak terlepas dari Konsep Tri Hita Karana. Harapan kami supaya kawasan ini bisa secepatnya tertata dengan baik sebagai kawasan hutan lindung yang hijau dan kawasan obyek wisata," tambahnya. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com