Angin Kencang Tumbangkan Pohon Dangin di Sambangan dan Pengelatan - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

8/13/19

Angin Kencang Tumbangkan Pohon Dangin di Sambangan dan Pengelatan


Buleleng, Dewata News. Com  - Angin kencang yang melanda wilayah Buleleng, pada Senin (12/08) sejak pagi hingga sore hari mengakibatkan sejumlah pohon tumbang. Tercatat untuk sementara baru ada laporan bahwa dua pohon tumbang, di wilayah Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, dan wilayah Desa Pengelatan, Buleleng. Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng langsung turun ke lokasi, untuk melakukan penanganan pohon tumbang.

Kejadian pohon tumbang terparah terjadi di wilayah Desa Sambangan. Sebuah pohon sengon yang berada persis di depan pasar Desa Sambangan tumbang sekitar pukul 15.10 wita akibat angin kencang. Pohon yang tumbang itu, menimpa tiang listrik dan beberapa bangunan warung/toko yang ada di depan pasar Desa Sambangan.

Bukan saja menimpa beberapa warung, akibat pohon tumbang itu sempat membuat sepanjang jalan Srikandi Desa Sambangan macet total dan sempat terjadi pemadaman listrik beberapa waktu.

Petugas BPBD Buleleng yang turun ke lokasi, langsung melakukan penanganan dengan memotong beberapa bagian pohon tersebut.

Pasca menerima laporan pohon tumbang, Kepala Pelaksana BPBD Buleleng Ida Bagus Suadnyana dan jajaran  langsung mendatangi lokasi. Proses penanganan pohon tumbang yang berada disebelah timur pasar Desa Sambangan itu memerlukan waktu 2 jam lamanya.

"Kami harus menunggu petugas PLN, karena pohon itu menimpa tiang listrik dan menimpa warung atau toko pasar desa. Setelah listrik dipadamkan, baru kami bisa tangani. Itu karena angin kencang. Pohon posisinya agak miring di tanah milik warga," kata Ida Bagus Suadnyana.

Mantan Kasatpol PP Kabupaten Buleleng ini tidak menampik sempat terjadi kemacetan total sepanjang jalur pohon tumbang tersebut.

Untuk mengurangi kemacetan, BPBD Buleleng bersama jajaran kepolisian kemudian mengatur lalulintas dengan membuka satu jalur-satu jalur, agar kendaraan bisa melintas. 

"Proses evakuasi pohon yang tumbang baru selesai sekitar pukul 17.30 wita," jelas Ida Bagus Suadnyana.

Melihat kondisi cuaca saat ini yang masih tidak memungkinkan dengan angin kencang berdasarkan prakiraan BMKG, IB.Suadnyana menghimbau, agar masyarakat Buleleng tetap hati-hati dan waspada. 

"Di Pengelatan juga ada pohon tumbang yang menutup jalan desa, kami sudah kirim petugas dan dibantu warga akhirnya sudah tertangani. Kami harap partisipasi dari masyarakat harus dilakukan," kata Ida Bagus Suadnyana berharap. (DN - TiR).-

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com