Ngaben Massal, Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Tembuku Bantu Pengamanan - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

7/6/19

Ngaben Massal, Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Tembuku Bantu Pengamanan


Bangli, Dewata News. Com - Untuk melancarkan prosesi upacara Ngaben Massal di Banjar Penida Kaja, Desa Tembuku, Kecamatan Tembuku, Bangli. Babinsa  Tembuku Koramil 03 Tembuku Kodim 1626/Bangli Sersan Nyoman Jujur bersinergi dengan Babinkamtibmas Aiptu I Wayan Weda melaksanakan pengamanan Upacara Ngaben Massal, Sabtu (06/07).

Menurut Babinsa Tembuku seijin Danramil 1626-03/Tembuku Kapten Inf Putu Suratnya menyampaikan  pelaksanaan upacara Ngaben perlu mendapat pengamanan terutama pada saat melintasi jalan raya. Apalagi banyaknya iring-iringan sarana dan prasarana yang dibawa oleh masyarakat untuk mendukung prosesi Ngaben akan berdampak kepada penggunaan jalur lalu lintas.

"Apabila tidak diatur sedemikian rupa maka akan terjadi kekroditan di jalan", ungkapnya. 

Lanjutnya, untuk itulah peran Babinsa, Bhabinkamtibmas dan aparat kemanan setempat yaitu Para Pecalang diperlukan agar pelaksanaan dapat berjalan dengan aman  dan lancar.

"Kami dari pihak Keamanan yaitu dari Koramil 1626-03/Tembuku dan Polsek Tembuku sudah bersiap dari tadi pagi,  di samping itu juga kami sudah berkoordinasi dengan pihak Desa Adat Penida dengan mengerahkan Pecalang dan perangkat adat lainnya untuk membantu pelaksanaan ngaben.

Seperti diketahui Upacara Ngaben merupakan tradisi Umat Hindu Bali untuk memproses kembalinya Panca Maha Bhuta di alam besar ini dan mengantarkan atma atau roh ke alam Pitra dengan memutuskan keterikatannya dengan badan duniawi. 

Dengan memutuskan kecintaan atma atau roh dengan dunianya, maka akan dapat kembali pada alamnya, yakni alam Pitra. 

Kemudian yang menjadi tujuan upacara Ngaben adalah agar raga sarira yaitu badan atau ubuh cepat dapat kembali kepada asalnya, yaitu Panca Maha Bhuta di alam semesta dan atma dapat selamat dapat pergi ke alam Pitra.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat,  Wayan Sudiatmika memberikan apresiasi kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang sudah membantu kegiatan pengamanan Upacara Ngaben ini.

"Kami atas nama warga mengucapkan terima kasih kepada petugas keamanan baik dari Koramil dan Polsek Tembuku atas kepeduliannya membantu masyarakat", ungkapnya di tengah ramainya suasana Upacara Pengabenan tersebut.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com