Pemkab Buleleng Sosialisasikan Program Kabupaten/Kota Sehat - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

6/26/19

Pemkab Buleleng Sosialisasikan Program Kabupaten/Kota Sehat


Buleleng, Dewata News. Com — Guna memperkuat, meningkatkan jejaring kerja antara sektor terkait, serta meningkatkan pemahaman tentang upaya mengoptimalisasikan program Kabupaten/Kota Sehat (KKS), Pemerintah Kabupaten Buleleng melaui Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng menggelar sosialisasi Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Kabupaten Buleleng  tahun 2019 di kawasan Pantai Penimbangan, Singaraja,  Selasa (250/6). Sosialisasi ini diikuti tim pembina kabupaten/kota sehat Provinsi Bali, tim pembina kabupaten/kota sehat Kabupaten Buleleng, Forum kecamatan sehat se-Kabupaten Buleleng, dan SKPD terkait.

Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Buleleng Ni Made Rousmini, S.Sos. mewakili Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana membuka secara resmi kegiatan sosialisasi ini. 

Dalam sambutannya, bahwa KKS merupakan suatu kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah. 

”KKS ini dilakukan melalui bergabai kegiatan pemberdayaan masyarakat secara bertahap dengan menempatkan masyarakat sebagai pelaku pembangunan dengan dukungan pemerintah daerah dan pendapatan fasilitas dari sektor terkait melalui program yang telah dilaksanakan”, kata Bupati PAS dalam sambutan tertulisnya..

Made Rousmini menambahkan, bahwa fasilitasi penyelenggaraan KKS dilakukan oleh forum yang dibentuk bupati atau walikota yang terdiri dari unsur pemerintah, swasta, tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan, dan perguruan tinggi, yang nantinya bertugas mengkordinasikan pelaksanaan di tingkat kabupaten/kota, di tingkat kecamatan dibentuk forum komunikasi kecamatan sehat, dan di tingkat desa dibentuk Kelompok Kerja (pokja) Desa/Kelurahan sehat. 

Ia berharap program Kabupaten/kota sehat bukan hanya milik sektor kesehatan saja, namun merupakan milik semua instansi yang ada di daerah.  

Diharapkan juga program ini dapat mendekatkan program-program pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah kepada masyarakat karena program KKS ini dilakukan melalui pendekatan-pendekatan aktif masyarakat serta lebih ditekankan kepada proses output. ”Kami harap semua instansi bersama-sama mensukseskan program ini,” ujar Made Rousmini.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng Nyoman Suasa Giri, S.KM., M.Kes  menjelaskan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengarahan dan pembekalan kepada masing-masing pokja  dan forum di setiap kecamatan agar program ini bisa diaplikasikan di tingkat desa. 

Ia berharap peran dari masing-masing pokja yang sudah dibentuk  untuk bekerja  mewujudkan Kabupaten/Kota Sehat  di Kabupaten Buleleng dengan harapan adanya sinergitas antara pokja desa dan forum kecamatan untuk sama-sama mewujudkan program KKS ini. 

”Kami sangat memerlukan sinergitas dari tingkat desa sampai tingkat kabupaten untuk mensukseskan program ini,” jelasnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com