PDI Perjuangan Kuasai Kursi DPRD Buleleng Hasil Pemilu 2019 - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

5/6/19

PDI Perjuangan Kuasai Kursi DPRD Buleleng Hasil Pemilu 2019


Buleleng, Dewata News. Com — Berdasarkan data dari hasil rekapitulasi penghitungan suara pada Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Pemilu 2019, untuk di DPRD Kabupaten Buleleng, bahwa dari 45 kursi, PDI Perjuangan masih mendominasi dengan 18 caleg, setelah periode lima tahun sebelumnya mendominasi dengan 15 kursi.

Disusul Partai Golkar dengan menempatkan 7 caleg, Hanura, Nasdem dan Gerindra masing-masing dengan 5 caleg, Partai Demokrat 3 caleg dan masing-masing 1 caleg diraih PKB dan Perindo. 

Dari 8 parpol yang mampu menempatkan calon legislatifnya itu, 31 caleg merupakan incumbent atau petahana dan 14 caleg new comer  atau wajah baru.

Di DPRD Buleleng dengan jumlah 45 kursi, memiliki komposisi pimpinan Dewan, yakni 1 jabatan Ketua Dewan, dan 3 jabatan Wakil Ketua Dewan. Selama ini, posisi Ketua Dewan diraih oleh PDI Perjkuangan, sedangkan posisi Wakil Ketua diisi oleh Golkar, Demokrat dan Hanura. 
Hasil perolehan suara sementara Pileg 2019, posisi jabatan Ketua Dewan dipastikan masih dikuasai oleh PDI Perjuangan. Untuk posisi Wakil ketua, Golkar dipastikan merebut 1 jatah kursi, setelah berhasil mempertahankan perolehan 7 kursi. Golkar tetap tercatat sebagai partai dengan jumlah kursi terbesar kedua setelah PDI Perjuangan.

Sedangkan untuk dua jatah kursi Wakil Ketua yang tersisa, bakal diperebutkan oleh Hanura, Gerindra, dan NasDem, yang sama-sama mengumpulkan 5 kursi. Sebaliknya, Demokrat harus merelakan kehilangan jabatan wakil ketua setelah perolehan kursinya merosot dari 6 menjadi hanya 3 kursi.

Nah, untuk jatah jabatan wakil ketua dari Golkar yang selama ini dikuasai oleh Ketut Susila Umbara, terancam direbut oleh Nyoman Gede Wandira Adi. Meski Susila Umbara diprediksi lolos, namun posisinya tidak begitu kuat mempertahankan jabatan sebagai wakil ketua dewan. Susila Umbara lolos di Dapil 6 (Kecamatan Sukasada) setelah Golkar memastikan 1 kursi dari 5 kursi yang ada. Sedangkan Wandira Adi diprediksi lolos dari Dapil 1 (Kecamatan Buleleng), setelah Golkar meraih 1 kursi dari 8 kursi yang ada.

Informasinya, sesuai aturan di internal Golkar, posisi jabatan pimpinan dewan diutamakan bagi anggota fraksi dari pengurus partai inti, yakni ketua, sekretaris dan bendahara. Nah, Susila Umbara yang dulunya menjabat Ketua Harian Golkar Buleleng, pada masa kepemimpinan Ketua DPD Golkar Buleleng, Nyoman Sugawa Korri, kini tidak lagi menjadi pengurus inti. Sedangkan Wandira Adi adalah Sekretaris DPD II Golkar Buleleng. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com