Disdikpora Buleleng Gelar Pecaruan Panca Kelud di Lapangan Bhuana Patra - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

5/6/19

Disdikpora Buleleng Gelar Pecaruan Panca Kelud di Lapangan Bhuana Patra


Buleleng, Dewata News. Com — Bertepatan dengan Rahina Tilem Jhistha, Saniscara Wage Dukut, hari Sabtu (04/05), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng melaksanakan Upacara Pecaruan Rsi Gana Panca Kelud, dipusatkan di Lapangan Bhuana Patra Singaraja.

Pelaksaanaan Pecaruan dipuput oleh tiga sulinggih, di antaranya Ida Pedanda Gede Sogata Griya Budha dari Griya Tianyar, Ida Pedanda Istri Alit dari Griya Sukasada dan  Ida Rsi  Bujangga Waisnawa Wiwekanata dari Griya Tarupinge Baktiseraga. Kegiatan diawali dengan upacara membersihkan semua venue secara niskala diakhiri dengan persembahyangan bersama.

Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Gde Darmaja mengatakan,  bahwa upacara pecaruan Rsi Gana Panca Kelud ini baru pertama kali diadakan.

Persembahan itu, menurut Darmaja, bertujuan mewujudkan keseimbangan sekala dan niskala, yang diharapkan mampu menetralisir aura-aura negatif. Dengan munculnya aura positif di pusat kegiatan olahraga bagi masyarakat Buleleng ini, diharapkan bisa memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi semua pengguna lapangan dan gedung olaharaga Bhuana Patra Singaraja.

”Fasilitas olahraga adalah sarana untuk melakukan berbagai aktifitas, baik latihan maupun perlombaan, dalam latihan itu kan ada olah fisik. Untuk itu mohon kepada Beliau agar diberikan perlindungan agar tidak cedera dan sebagainya. Saat bertanding pun demikian, pasti ada kalah dan menang, bagi yang kalah tidak tertutup kemungkinan nanti ada rasa tidak puas, ini akan menimbulkan gejolak”, ungkap Darmaja.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Kabupaten Buleleng, Nyoman Artha Widnyana menyatakan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Disdikpora yang telah melaksanakan upacara Pecaruan Rsi Gana Panca Kelud. Hal senada diharapkan Ketua KONI Buleleng, persembahan tersebut bisa memberikan keselamatan dan kerahayuan bagi seluruh pengguna venue.

”Jadi kami memberikan upah kepada para bhuta, dengan demikian kami berharap seluruh fasilitas ini ketika digunakan, kita semua diberikan keselamatan, kerahayuan, semua bisa berjalan dengan lancar, sehingga dengan demikian hal-hal yang tidak kita inginkan, tidak akan terjadi”, kata Artha Widnyana. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com