Gandeng HIPMI Kota Denpasar, FE UNR Gelar Kuliah Umum Tentang Peningkatan Dunia Kewirausahan - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

5/5/19

Gandeng HIPMI Kota Denpasar, FE UNR Gelar Kuliah Umum Tentang Peningkatan Dunia Kewirausahan


Denpasar, Dewata News. Com - Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Ngurah Rai (UNR) Denpasar dengan melibatkan seluruh mahasiswa semester VI menggelar kuliah umum bertemakan Food Preneur Bullding A Brand Experience In The F dan B Industry dengan menggandeng  Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Denpasar.

Acara Kuliah Umum yang melibatkan jumlah pesertanya mencapai 250 orang dengan menghadirkan tiga orang narasumber dari HIPMI Kota Denpasar seperti Putu Prita Ananda Giri, S.ST.Par, Donald Erik Manoch, dan Putu Genio Ardisuana, A.Md.Par ini dibuka langsung oleh Rektor UNR, Dr. Drs. Nyoman Sura Aditanaya, M.Si, Sabtu (4/5) di gedung baru UNR.  

Dalam sambutan Rektor, Nyoman Sura Aditanaya mengatakan bahwa kegitan yang dilaksanakan oleh FE UNR sangatlah penting dalam rangka menciptakan pengusaha-pengusaha muda yang mapan terutamanya untuk dilingkungan Perguruan Tinggi. Karena dari apa yang nantinya bisa disampaikan oleh narasumber yang sudah berhasil mengembangkan bidang kewirausahan terutamnya dalam masakan ini sesuai tema yang diangkat dalam Kuliah Umum ini yakni Food Preneur Bullding A Brand Experience In The F dan B Industry.

“Dimana narasambur ini akan banyak menerangkan bagaimana kita memulai dari merintis sebuah usaha, merencanakan pengembangan sebuah usaha hinga permodalan dan pemasaranya. Apalagi yang digandeng oleh HIPMI Kota Denpasar adalah seluruh Perguruan Tinggi di Bali yang mana kini bisa berkumpul di Kampus UNR untuk mengikuti Kuliah Umum Kewirausahaan untuk mendapatkan ilmu langsung dari pakarnya,” terangnya.

Nyoman Sura Aditanaya juga berharap melalui kuliah umum kewirausahan tentunya Kampus UNR bisa lebih melangkah maju kedepan. Karena buat kami,  bergelut di dalam usaha makanan ini dirasakan cukup mudah dan praktis. Apalagi ini merupakan salah satu program HIPMI Kota Denpasar untuk mengajak mahasiswa agar mampu kedepanya mengembangkan jiwa kewirausahaan, sebab dari HIPMI Kota Denpasar sendiri langsung memberikan pebinanan dan motivasi kepada seluruh HIPMI Perguruan Tinggi yang ada di Bali untuk bisa diajak merintis dunia kewirausahaan,” ucapnya.

Dijelaskan, melalui kuliah umum kewirausahaan yang diberikan oleh HIPMI Kota Denpasar bisa menjadi bekal buat para mahasiswa terutamanya mahasiswa FE UNR nantinya ketika mereka tamat bisa langsung megembangkan dunia kewirausahaan dimasyarakat. Karena ketiga narasumber ini langsung memberikan materi tentang seperti apa pengelaman yang mereka lakoni dalam menumbuh kembangkan dunia kewirausahan dimasyarakat.

“Selama ini, mahasiswa FE UNR hanya bisa mendapatkan teorinya saja dari para dosen pengajarnya. Namun melalui kuliah umum ini tentu mendapatkan kelebihan yakni selain mendapatkan tambahan teori juga langsung mendapatkan gambaran tentang pengembangan dunia kewirausahan melalui pemutaran vidio langsung dari HIPMI Kota Denpasar. Dicontohkanya, disebuah negara manapun yang kini dirasakan berkembang adalah dilihat dari kemajuan dunia kewirausahan. Kita di Indonesia juga bisa maju dan berkembang melalui meningkatkan dunia kewirausahan. Apalagi kita di Indonesia memiliki kekayaan alam yang tinggi tentu ini bisa dikembangkan dengan baik untuk nantinya bisa bersaing dengan negara-negara di dunia dalam menggembangkan dunia kewirausahaan,” jelasnya.

Sementara Dekan FE UNR, Dr. Ade Maharini Adiandari, S.Sos, MM, RFP mengatakan bagaimana bisa mendorong mahasiswa agar benar-benar memahami jiwa kewirausahaan. Apalagi kegiatan kuliah umum kewirausahan ini murni dilakukan oleh HIPMI Kota Denpasar yang mana kala memiliki tujuan sama dalam mengembangkan dunia kewirasuhaan. Bahkan kegiatan seperti ini memang sudah dirintis sejak awal oleh HIPMI Kota Denpasar.  Selain itu, kewirausahan ini masuk dalam mata pelajaran yang ada di Program Studi (Prodi) Manajemen yang dikembangkan terus melalui mata kuliah kewirausahan lanjutan.

“Sembari menambahkan kalau FE UNR untuk tahun ajaran 2019/2020 ini dipastikan akan menambah dua Prodi seperti Prodi Digital Bisnis dan Prodi Sistem Informasi Akuntansi yang kesemuanya sudah terakreditasi B. Untuk Prodi Manajemen yang sudah dimiliki FE UNR yang didalamnya terdapat mata kuliah tentang kewirausahaan lanjutan ini, tahun depat dipastikan akan bisa terakreditasi A,” tambahnya.

Kemudian Ketua MIPMI Kota Denpasar, Dewa Wirayudha mengatakan ada beberapa program kerja yang mulai dikembangkan seperti program sinergi, program solusi, dan program peduli. Program solusi yang mulai dirintis lebih menjurus pada tentang dunia kewirausahaan yang akan terus disebarluaskan ke seluruh Perguruan Tinggi di Bali. Apalagi bisa dirasakan dengan tingginya minat mahasiswa untuk mau mengikuti program kewirausahaan ini sudah mulai bisa dirasakan meningkat.

“HIPMI Kota Denpasar selain menggadeng Perguruan Tinggi di Bali juga menggandeng Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar melalui Badan Kreatif Kota Denpasar dalam mengembangakan dunia kewirausahaan. Walau dalam bentuk rintisan awal dalam pengembangan dunia kewirausahaan, pastinya program solusi yang menjadi program utama di HIPMI Kota Denpasar ini akan terus dikembangkan di Perguruan Tinggi,” pungkasnya. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com