Undwi Melaksanakan PKM di Desa Cemagi Bertemakan Peduli Lingkungan Bebas Sampah Plastik - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

4/7/19

Undwi Melaksanakan PKM di Desa Cemagi Bertemakan Peduli Lingkungan Bebas Sampah Plastik


Denpasar, Dewata News. Com - Universitas Dwijendra (Undwi) Pusat Denpasar melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Wantilan  Banjar Seseh, Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Badung dengan dihadiri Wakil Bupati Badung, Drs. I Ketut Suiyasa, SH, Camat Mengwi, Kepala Desa Cemagi, segenap civitas akademika Undwi, dan warga Desa Cemagi, Minggu (7/4).

Ketua Panitia sekaligus Wakil Rektor III Undwi yang mewakili Plt Rektor Undwi, Drs. Ida Bagus Rai, M.Si mengatakan kalau PKM merupakan salah satu bentuk pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni dibidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Tri Dharma ini menjadi istilah yang senantiaa digaungkan setiap Perguruan Tinggi di Indonesia.

“Sebagai Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga, maka pengabdian masyarakat menjadi cirri khas system pendidikan tinggi di Indonesia. Jadi dengan karakter ini, maka segenap elemen di Perguruan Tinggi tidak boleh disibukan dengan mengurus dirinya sendiri melainkan juga harus busa bersikap dan peduli terhadap kondisi serta realitas masyarakat,” terangnya.

Pelaksanaan kegiatan PKM Undwi mengusung tema “Peduli Lingkungan Bebas Sampah Plastik”. Dimana kegiatan PKM Undwi ini merupakn bentuk apresiasi dan dukungan Undwi terhadap komitmen Pemerintah Daerah (Pemda) Badung dan Pemerintah Provinsi (Pemrov) Bali yang telah bersama-sama mengeluarkan regulasi melalui Peratuiran Gubernur (Pergub) Bali Nomor 47 Tahun 2018 tentang penggurangan penggunaan kantong plastik dan Pergub Bali Nomor 97 Tahun 2018 tentang pembatasan timbunan sampah plastik.

“Semenjak adanya Pergub Bali ini, mulai dirasakan giat yang terjadi yakni mampu mendorong berbagai komunitas peduli lingkungan hingga instanasi pemerintah, Perguruan Tinggi, TNI, Polri dan beberapa perusahan swasta di Bali untuk terus bergerak secara bergotong royong untuk memerangi sampah plastik yang selama ini dirasakan mencemari kawasan sungai, hutan, aliran subak, dan pesisir pantai,” ucapnya.

 Ida Bagus Rai berharap melalui pelaksanaan kegiatan PKM Undwi ini akan memberikan pengaruh signifikan secara bertahap, sehingga Bali akan menjadi pulau yang tidak terancam akan bahaya sampah plastik yang dapat merusak lingkungan.

“Diharapkan pula kerjasama antara pemerintah, Perguruan Tinggi dan masyarakat untuk bias terus berkontribusi terkait kepedulian terhadap lingkungan. Karena untuk menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih adalah tanggungjawab kita bersama,” harapnya.

Sementara Wakil Bupati Badung, Drs. I Ketut Suiyasa, SH dalam sambutanya sekalis membuka pelaksanaan kegiatan PKM Undwi di Wantilan Banjar Seseh, Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Badung mengatakat apapun kegiatan yang dilakukan oleh Undwi yang bersifat PKM sesuai tema “Peduli Lingkungan Bebas Sampah Plastik” sepenuhnya akan didukung oleh Pemkab Badung. Apalagi kegitan ini merupakan wujud nyata Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Sembari menambahkan, pelaksana kegiatan PKM ini juga bertepatan dengan Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik yang dilasanakan serentak tanggal 7 April 2019 di seluruh Bali. Pemkab Badung juga sudah secara nyata mendukung Pergub Bali Nomor 97 Tahun 2019 untuk memerangi sampah plastik dengan tiga program seperti Gerakan Anti Sampah Plastik (Gelatik), Gojek Sampah Plastik (Gojek) dan Badung Anti Sampah Plastik (Batik). Melalui tiga program perangi sampah plastik ini, maka dirasakan sekali manfaat dampak positifnya buat Badung, sebab sampah plastiksedikit demi sedikit bisa dikurangi keberadaanya. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com