Ny. Aries Suradnyana Ajak Masyarakat Bercocok Tanam di Halaman Rumah - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

2/8/19

Ny. Aries Suradnyana Ajak Masyarakat Bercocok Tanam di Halaman Rumah


Buleleng, Dewata News. Com — Agar masyarakat semakin rajin menata perkarangan rumah menjadi kebun sayur-mayur dan tanaman obat keluarga, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng, Ny. Gusti Aries Suradnyana mengajak masyarakat terutama ibu-ibu untuk bercocok tanam di perkarangan rumah masing-masing.

Harapan tersebut disampaikan setelah melakukan penanaman sayur-mayur dalam rangkaian acara Harmonisasi dan Sinkronisasi Gerakan PKK dan Kunjungan ke Rumah Contoh ”Hatinya PKK” di Desa Kayuputih, Kecamatan Banjar, Rabu (06/02).

Dalam Harmonisasi dan Sinkronisasi ”Hatinya PKK” ini, terdapat sepuluh program yang tertuang dalam Program Kerja (Pokja) 1, 2, 3 dan 4, secara keseluruhan disinkronkan, seperti halnya kegiatan menangani penghayatan dan pengamalam Pancasila dan gotong-royong pada Pokja satu. Menangani pendidikan dan keterampilan serta pengembangan kehidupan berkoperasi pada Pokja dua,serta menangani pangan, sandang dan perumahan maupun tata laksana rumah tangga pada Pokja tiga. ”Dan sekarang pada Pokja empat ”Hatinya PKK” adalah menangani kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat menjadikan halaman yang teratur indah dan nyaman.  

“Tanaman sayur-sayuran dan obat-obatan yang ditanam, agar ditata sedemikian rupa, sehingga perkarangan menjadi indah”, ujar Ny.Gusti Aries Suradnyana.

Selaku Ketua Dewan Kesenian dan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Kabupaten Buleleng, Ny.Gusti Aries Sujati Suradnyana ini juga menambahkan, bahwasannya harapan Ibu Gubernur juga adalah agar kegiatan bercocok tanam ini dapat berimbas pada Kepala Keluarga (KK) lainnya, dari satu Kk berimbas menjadi satu desa. Tentunya, dengan memanfaatkan halaman disekitarnya merupakan bagian dari program kerja (Pokja ) PKK.

”Harapan kedepannya, dengan bercocok tanam sendiri di halaman rumah, mampu menghasilkan kebutuhan sayuran yang bebas dari pestisida dan insectisida”, imbuhnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Bali yang dibacakan oleh Wakil Ketua II, Ny. Arthadana mengatakan, melalui gerakan pusat pangan sehat dan lestari melalui halaman asri, teratur, indah dan nyaman dilakukan bersama-sama. Pemerintah Provinsi Bali memberikan bantuan sebesar Rp15.000.000,00 per desa yang menjadi rumah contoh ”Hatinya PKK”.

Sebagai tempat belajar bagi desa-desa sekitarnya tentang bagaimana belajar bercocok tanam di perkarangan agar dapat bermanfaat dan tetap indah dipandang mata. “Dana tersebut dapat dimanfaatkan mulai dari pengelolaan tanah, pembelian bibit, pembuatan landscape sampai pemeliharaan”. jelasnya. (DN ~ TiR).

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com