Konjen Tiongkok Akan Gelar Perayaan Bersama Tahun Baru Imlek di Buleleng - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

2/5/19

Konjen Tiongkok Akan Gelar Perayaan Bersama Tahun Baru Imlek di Buleleng


Buleleng, Dewata News. Com — Perayaan Tahun Baru Imlek bersama antara Konjen Tiongkok dengan Pemkab Buleleng akan digelar pada hari Rabu, tanggal 20 Februari 2019 mulai pukul 19.00 Wita sampai selesai di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja. 

Gelar seni bersifat kolaborasi ini sekaligus merayakan  Tahun Baru Imlek 2019. Terkait ini, Konsulat Jenderal Republika Rakyat Tiongkok (KJRRT) yang diwakili oleh Ibu Konsul Jenderal Sun Lihua dan Konsul Gao Hongmei menemui Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana di Rumah Jabatan Bupati, Jumat (25/01) lalu.

Sementara itu, persiapan perayaan bersama Tahun Baru IMLEK tersebut telah dibahas dalam suatu rapat koordinasi di Kantor Dinas Kebudayaan Buleleng, beberapa waktu lalu.

Rapat yang dipimpin Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng Drs.Gede Komang,M.Si ini didampingi Kepala Bidang Kesenian Drs.Wayan Sujana serta dihadiri oleh beberapa tamu komunitas Tionghoa di Buleleng.

Dari rapat koordinasi tersebut, disepakati melaksanakan pagelaran seni dalam rangka menjalin kerjasama di bidang ekonomi dan budaya antara Tiongkok dan Bali Utara, yaitu Pemerintah Kabupaten Buleleng. 

Tamu undangan yang akan diundang nanti, di antaranya tamu VIP yang terdiri dari Forkom Pimpinan Daerah Kabupaten Buleleng, Pimpinjan OPD lingkup Pemkab Buleleng, tamu warga Tionghoa dari Buleleng dan tamu undangan dari Konjen China. 

Pagelaran seni setelah acara seremonil, adalah tari pembukaan Taruna Jaya massal yang ditarikan oleh 10 penari.

Beberapa hiburan yang akan ditampilkan berupa kesenian dari Bali Utara dan Tiongkok China, selain Tari Taruna Jaya, juga Tari Barong Ket. Sedangkan penampilan kesenian Fujian Tiongkok di antaranya Tarian Masyarakat Minnan (Merayakan Panen Raya dibawakan oleh penari-penari dari Sekolah Kesenian Zhang Zhou, Akrobat Jenaka, Permainan Alat Musik Tradisional Tiongkok,  Nyanyian Bahasa Daerah Minnan, Pertunjukkan Keterampilan Seni Gunting Kertas, Pertunjukkan Wayang Golek Khas Tiongkok, Permainan Sulap, Pertunjukkan Wayang Golek Tradisional, Permainan Alat Musik Tradisional Tiongkok Hulusi, Manusia dan Boneka Wayang Pentas Dalam Satu Panggung, Nyanyian Diiringi Tarian (dibawakan oleh semua pemain).

”Acara ini menampilkan tari kolaborasi antara Barong Ket dengan Barong Sai, dimana hal tersebut memiliki keterkaitan filosofi Siwa Buda”, kata Kadis Kebudayaan Kabupaten Buleleng Gede Komang. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com