Kodim Bangli Dukung Kegiatan Bersih Sungai Tukad Jinah Dari Sampah Plastik - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

2/3/19

Kodim Bangli Dukung Kegiatan Bersih Sungai Tukad Jinah Dari Sampah Plastik


Bangli, Dewata News. Com - Kegiatan gotong royong membersihkan tumpukan sampah yang berada di dasar sungai kembali dilaksanakan di wilayah Tembuku, Bangli, Minggu (03/02).

Kegiatan kali ini dipusatkan di sungai Tukad Jinah wilayah Desa Bangbang, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli.

Adapun kegiatan tersebut bertujuan untuk menyasar sampah plastik yang ada di bawah di Tukad Jinah yaitu perbatasan Desa Bangbang dan Wilayah Karangasem dengan mengerahkan 4 truk pengangkut sampah milik Dinas Tata Kota Kabupaten Bangli.

Pihak penyelenggara I Ketut Artawan mengatakan,  Tranformers Bangli yang menggagas kegiatan pembersihan sungai tersebut melibatkan sejumlah komponen masyarakat, mulai dari Komunitas Transformers Peduli Sampah Plastik, Yayasan Dwi Pahara Metra Desa Yangapi, Pihak Pemkab Bangli,  Personel TNI Kodim 1626/Bangli, Polsek Tembuku, Siswa-Siswi SMA, SMK, SMP se Kecamatan Tembuku dan Jegeg Bagus Bangli serta warga masyarakat Bangbang. Dengan total keterlibatan sebanyak 700 orang.

Komunitas Transfomers Bangli bertekad akan melaksanakan kegiatan seperti ini secara berkesinambungan akan dilaksanakan setiap 3 bulan atau 6 bulan sekali.

Selain membersihkan sungai juga dilaksanakan pemasangan tanda peringatan dan larangan membuang sampah di sungai tersebut karena sangat mengotori mencemari lingkungan sungai yang tentu nantinya merugikan masyarakat. 

Terpisah Pjs. Danramil 1626-03/Tembuku Kapten Inf I Wayan Suratnya mewakili Dandim 1626/Bangli, mengatakan dukungannya terhadap kegiatan yang digagas oleh Komunitas Transfomers Bangli yang bersinergi dengan komponen masyarakat lainnya dan juga pihak Pemkab Bangli.

"Kami TNI khususnya Kodim 1626/Bangli sangat mendukung kegiatan seperti ini, karena hal ini juga menjadi implementasi dari Peraturan Gubernur Bali Nomor 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai yang patut kita dukung", ungkapnya.

Plastik bila dibiarkan maka akan mencemari lingkungan, ditanam merusak tanah, dibakar mengakibatkan polusi udara. Untuk itu harus ada mekanisme yang tepat untuk mengolahnya.

Sejumlah undangan hadir dalam acara tersebut, antara lain, Setda Pemkab Bangli Ir Ida Bagus Giri Putra, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Bangli Ida Ayu Yudi Suta, S.E., Camat Tembuku I Dewa Agung Putu Purnama, S.STP.

Pjs Danramil 1626-03/ Tembuku Kapten Inf I Wayan Suratnya, Kapolsek Tembuku diwakili oleh Kanit Reskrim Ipda I Ketut Putu Ardika, Kepala Desa Bangbang serta Bendesa Adat Bangbang.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com