Geliat Berkesenian di Seririt Meningkat? Ini Penjelasan Camat Riang Pustaka - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

2/20/19

Geliat Berkesenian di Seririt Meningkat? Ini Penjelasan Camat Riang Pustaka


Buleleng, Dewata News. Com — Geliat masyarakat di Kecamatan Seririt dalam berkesenian saat ini dinilai sudah jauh meningkat? Menurut Camat Seririt, I Nyoman Riang Pustaka, S.IP, bahwa geliat berkesenian itu meningkat, salah satunya dapat dilihat dari makin bertambahnya sanggar kesenian dan kelompok-kelompok kesenian lainnya di wilayah Kecamatan Seririt.

Ketika memaparkan potensi Kecamatan Seririt pada acara pembukaan Musrenbang Kecamatan Seririt, Camat Nyoman Riang Pustaka mengungkapkan, bahwa semakin antusiasnya minat masyarakat di wilayahnya dalam berkesenian tidak terlepas dari adanya event-event festival yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah dan di tingkat kecamatan. Dengan demikian, penampilan kesenian dalam berbagai event festival tersebut telah membawa ekses positif dalam pengembangan kesenian, khususnya di wilayah Kecamatan Seririt.

"Di Kecamatan Seririt saat ini tengah berkembang sanggar-sanggar seni budaya. Dulu hanya ada sanggar Pentas Marak Letari di Desa Bubunan. Belakangan berkembang sanggar Langen Kerti Budaya dan Sanggar Bayu Teja di Lokapaksa, terakhir ada sanggar Gita Gosali di Desa Kalisada", katanya dihadapan peserta Musrenbang Kecamatan Seririt di Wantilan Desa Tangguwisia, Rabu (20/02).

Aalumni STPDN Jatinangor ini menjelaskan, saat ini masyarakat khususnya generasi muda mulai tumbuh semangatnya dalam berkesenian, antara lain menari, gamelan, dan lainnya. Hal itu menjadi kebanggan tersendiri baginya selaku Camat.

"Selain sanggar-sanggar itu, kami melihat saat ini mulai berkembang kelompok-kelompok seni, misalnya seni drama. Dulu di Umeanyar tidak ada seni drama, sekarang drama gong di Umeanyar sangat maju perkembangannya", jelas Riang Pustaka.

Selaku Camat, Ia mengakui bahwa selama ini dirinya bersama staf terus melakukan pembinaan, pemantauan, dan memberikan motivasi kepada sanggar dan kelompok seni dimaksud. Di Kecamatan Seririt sendiri telah dibentuk tim pembina kesenian, yang dikhususkan untuk seni Pesantian dan Geguntangan.

Camat Riang Pustaka juga akan melanjutkan pelaksanaan Festival Seririt Berbudaya (Fesrida) dengan mengambil konsep yang sedikit berbeda dari pelaksanaan sebelumnya.

"Tahun ini kami akan angkat potensi kesenian masing-masing desa. Kami tidak akan seragamkan seperti tahun-tahun sebelumnya. Potensi kesenian apa yang ada di desa bersangkutan, itu yang kami tampilkan", pungkasnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com