Naik Vespa Bupati PAS temui petani cengkeh di Desa Gitgit - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

12/8/18

Naik Vespa Bupati PAS temui petani cengkeh di Desa Gitgit


Buleleng, Dewata News. Com — Dengan mengendarai sepeda motor Vespa, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST bersama Wakil Bupati Buleleng dr I Nyoman Sutjidra. Sp OG dan Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, SH serta Ketua TP PKK Kab. Buleleng Ny. Aries Suradnyana dan Wakil Ketua TP PKK Kab.Buleleng Ny. Ayu Wardhany Sutjidra didampingi beberapa pimpinan OPD lingkup Pemkab Buleleng menemui masyarakat petani cengkeh di Banjar Dinas Perenan Bunut, Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Sabtu (08/12).

Pada acara tatap muka tersebut, Bupati PAS sapaan akrab Putu Agus Suradnyana membahas berbagai persoalan yang di alami oleh para petani cengkeh di Desa Gitgit. Melalui Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Buleleng, Bupati PAS akan melakukan  Demontration Plot (demplot), yaitu suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan. 

”Saya merasa perlu datang ketengah-tengah masyarakat petani, karena tanaman cengkeh merupakan salah satu unggulan di bandingkan kabupaten lain“,  ujar Bupati PAS.

Bupati PAS juga menjelaskan, bahwa penyakit yang menyerang pohon cengkeh dikarenakan musim kemarau yang berkepanjangan sehingga timbul berbagai penyakit, seperti jamur akar putih dan sejenisnya. ”Karena kemarau panjang, kemudaian tanaman cengkeh terserang jamur akar putih. Mulai dia istilahnya merana hidupnya”, jelasnya.


Kendati demikian, Pemkab Buleleng melalui Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan sudah melakukan Demontration Plot (demplot) yaitu suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan. ”Untuk itu saya sudah Demplotkan beberapa desa. Melalui teraphi percobaan dengan berbagai macam pupuk mudah-mudahan berhasil”, harapnya.

Menurut Bupati PAS,  bila percobaan demplot berhasil, maka di tahun 2020 secara menyeluruh semua desa yang memiliki pertanian cengkeh akan di bantunya. ”Kalau berhasil, di tahun 2020 semua akan saya bantu untuk penanganan cengkeh secara menyeluruh, biayanya berapa pun kami akan dorong “ ucapnya.

Kepada para petani. Bupati PAS meminta agar para petani lebih konsen terhadap apa yang dikerjakannnya selaku petani cengkeh. Tidak saja konsen terhadap cengkeh, tetapi juga konsen terhadap tanaman tahunan, seperti cabe dan sejenisnya. 

”Saya minta mereka bertani untuk lebih konsen. Bukan hanya terhadap tanaman tahunan saja, tetapi juga terhadap tanaman musiman seperti cabai dan sebagainya. Mungkin akan kami dorong untuk mereka bisa mendapat hasil-hasil pertanian yang bersifat bulanan”, ujar Bupati Putu Agus Suradnyana. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com