BKKBN Gelar Kuliah Umum Implementasi Pendidikan Kependudukan Bagi Mahasiswa UNR - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

12/20/18

BKKBN Gelar Kuliah Umum Implementasi Pendidikan Kependudukan Bagi Mahasiswa UNR


Denpasar, Dewata News. Com - Kuliah Umum yang dilaksanakan Universitas Ngurah Rai (UNR) Denpasar menghadirkan narasumber dari BKKBN Provinsi Bali. Adapun materi yang diangkat pada Kuliah Umum bertemakan Implementasi Pendidikan Kependudukan Melalui Materi Kuliah Wajib Umum (MKWM) Bagi Mahasiswa UNR, Rabu (19/12) malam diruang auditorium UNR.

Kepala Bidang Pengendalian Pendudukan BKKBN Provinsi Bali, Ketut Aryana Gupta, SH dalam sambutanya mengatakan sesuai amanat Undang-undang nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga. Karena BKKBN Provinsi Bali sendiri menjadi institusi yang berperan penting dalam pembangunan berkelanjutan melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga,” terangnya.

Menurutnya, selama ini juga muncul berbagai isu kependudukan yang menjadi tantangan dalam pembangunan berkelanjutan seperti tingginya arus migrasi, besarnya jumlah penduduk usia muda, dan tantangan menyiapkan penduduk usia muda agar menjadi sumber daa yang produktif serta bisa berguna bagi nusa bangsa. “Selain itu, bagaimana menyiapkan penduduk usia lanjut agar menjadi orang tuayang sehat dan sejahtera,” ucapnya.

Lebih jauhnya, penduduk Bali tiap tahunnya terus mengalami peningkatan yakni pada tahun 2010 jumlah penduduk yang tercatat mencapai 3,8 juta jiwa, dan pada tahun 2018 jumlah penduduk sudah diperkirakan mencapai 4,2 juta jiwa. “Dengan peningkatan jumlah penduduk yang semakin meningkat terus jumlahnya dirasakan kualitas penduduk masih relatif rendah terutamanya dari sisi kesehatan, pendidikan maupun ekonomi,” imbuhnya.

Kemudian Kepala Pusat Penelitian Kependudukan dan Pengembangan SDM dari Universitas Udayana (Unud), Dr. I Gusti Wayan Murjana Yasa, SE, M.Si yang juga sebagai narasumber pada Kuliah Umum UNR ini menjelaskan  terkait pemahaman isu kependudukan bagi generasi muda milinial saat ini dirasakan cukup luar biasa. “Karena generasi muda milinial sendiri dirasakan akan lebih cepat menangkap peluang perkembangan ekonomi dalam era industri 4.0,” jelasnya.

Selanjutnya, generasi muda milinial juga harus mampu  menguasai perkembangan teknologi, perkembangan ekonomi dan perkembangan perubahan demografi dengan baik. “Apalagi generasi muda milinial sekarang bisa dikatakan memiliki kepercayaan diri yang tinggi serta individualisme tinggi inilah yang dirasakan akan mampu menciptakan keluarga yang bahagia dan sejahtera,” pungkasnya.

Rektor UNR, Dr.Drs. Nyoman Sura Aditanaya, M.Si menambahkan Kuliah Umum bertemakan Implementasi Pendidikan Kependudukan Melalui Materi Kuliah Wajib Umum (MKWM) Bagi Mahasiswa UNR yang dilaksanakan BKKBN Provinsi Bali dirasakan ada manfaat dan nilai positifnya. Karena melalui Kuliah Umum ini mahasiswa UNR akan memahami betul tentang perkembangan isu kependudukan di era industri 4.0 ini. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com