SMPN 4 Busungbiu dan SDN 1 Temukus ”Duta” Buleleng Lomba PKTP Tingkat Provinsi Bali - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

11/14/18

SMPN 4 Busungbiu dan SDN 1 Temukus ”Duta” Buleleng Lomba PKTP Tingkat Provinsi Bali


Buleleng, Dewata News. Com — SMP Negeri 4 Busungbiu dan SD Negeri 1 Temukus mewakili Kabupaten Buleleng dalam lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) Tingkat Provinsi Bali, Rabu (14/11) mendfapat penilaian Tim Provinsi Bali dipimpin oleh Ketua PKTP Provinsi Bali Ny. Ayu Pastika. 

Tim penilai disambut oleh  Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST bersama Pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Camat Busungbiu Drs. Made Supartawan, MM, Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Busungbiu Putu Swastika, S.Pd beserta para siswa-siswi SMP Negeri 4 Busungbiu, dan SD Negeri 1 Temukus.

Bupati Agus Suradnyana mengatakan, pentingnya pengetahuan terhadap penyebab dari penyakit kanker serta langkah–langkah dalam pencegahannya harus di tanamkan sejak usia dini, sehingga generasi kedepannya mampu mengurangi jumlah penderita penyakit kanker dan ditanamkan kebiasaan hidup bersih tidak merokok serta tidak melakukan seks bebas.

”Agar dari kecil sudah di ajarkan tentang langkah–langkah preventif tentang kesehatan, kebersihan dan tidak merokok, tidak melakukan seks bebas“, kata Bupati PAS.

Menurut Bupati PAS, apabila kebiasaan baik itu sudah ditanamkan sejak kecil maka karakter dari generasi muda kedepan akan semakin baik, sehingga tidak saja mengurangi peningkatan penyakit kanker tetapi juga mampu meningkatkan sumber daya manusia yang produktif di masyarakat.

Sementara itu, Ny. Ayu Pastika selaku Ketua PKTP Provinsi Bali mengatakan, kreatifitas anak–anak terhadap pengetahuan tentang pencegahan penyakit kanker harus ditanamkan sejak memasuki dunia pendidikan. Oleh karena itu, lomba ini diikuti oleh siswa–siswi dari pendidikan SD sampai tingkat SMA/SMK. 

”Kreatifitas anak–anak tentang pencegahan penyakit kanker sudah dipahami. Semua juga ada beberapa pertanyaan dari tim dan mereka juga sudah bisa menjawab”,  tandas Ayu Pastika. 

Istri mantan Gubernur Bali Made Mangku Pastika ini berharap dengan diadakannya lomba PKTP ini nantinya siswa–siswi yang mengikuti lomba mampu mensosialisasikan penyebab dan pencegahan penyakit kanker  ditengah–tengah masyarakat.

”Saya berharap dengan lomba ini tentunya bisa mensosialisakan di tengah–tengah masyarakat, tentunya banyak juga yang awam tentang penyakit kanker. Disinilah, saya percayakan kepada anak–anak kita ini,  kreatifitas mereka untuk mensosialisasikan pencegahan penyakit kanker. ‘kan lebih baik mencegah daripada mengobati”, kata Ny.Ayu Pastika berharap..


Senada dengan Bupati PAS, dr. I Gede Suaryawan, M.PH pada kesempatan ini mewakili Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI)  Cabang Buleleng menjelaskan, memperkenalkan sedini mungkin penyebab dan dampak dari penyakit kanker serta pencegahannya sangat perlu di tanamkan kepada para siswa–siswi di sekolah.

Perlu diketahui, jelas dr.I Gede Suaryawan, bahwa penyakit kanker menyerang sel-sel manusia yang masih produktif,  bahkan banyak juga menyerang sel pada usia lanjut, sehingga sangat penting diketahui dan ditanamkan kepada siswa–siswi di sekolah. 

”Memperkenalkan sedini mungkin kepada para siswa di sekolah apa itu kanker dan cara pencegahannya badan kita semuanya bisa terserang kanker, karena kanker itu yang di serang adalah sel produktif”, paparnya

Dokter Suaryawan juga menjelaskan, ada beberapa cara dalam pencegahan penyakit kanker yaitu, dengan cara mengatur pola makan yang baik dan menghindari makanan yang menggunakan zat kimia, berolah raga yang teratur dan mengurangi kebiasaan yang mampu menurunkan kesehatan seperti merokok. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com