Karateka Cilik Lemkari Buleleng Raih Emas di Belgia - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/19/18

Karateka Cilik Lemkari Buleleng Raih Emas di Belgia


Bulelenh, Dewata News. Com — Karateka cilik Lemkari asal Kabupaten Buleleng, Bali Komang ”Lolak” Sastrawan sebagai ”duta” olahraga Indonesia untuk kedua kalinya mengukir prestasi mengibarkan bendera Merah Putih di Kejuaraan Karate Dunia.

Keberhasilan pertama saat duduk di Kelas VI SD, Lolak ”mengawinkan” dua medali emas dalam kejuaraan dunia di Luxembourg tahun 2016 lalu. Ia bertanding di nomor kata perorangan dan kumite perorangan kelas -28 kg putra. Saat itu, Lolak tercatat sebagai satu-satunya altet karate asal Bali yang dikirim mewakili Indonesia ke Open Elhatri Karate Tournament di Luxembourg tahun 2016 lalu

Sementara keberhasilan kedua saat ini, karateka cilik asal Buleleng, Komang ”Lolak” Sastrawan kembal menorehkan prestasi membanggakan di tingkat Internasional, dengan menyumbangkan medali emas kategori Komite Min 45 di Kejuaraan Dunia Karate yang berlangsung di Belgia 17-18 November 2018.

Hingga saat ini, Lolak masih berada di Belgia. Ia akan melakoni satu pertandingan lagi di Kategori Kata Perorangan. Keberangkatan Lolak mewakili Indonesia dilakukan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI atas kesuksesannya menjuarai ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang diselenggarakan di Jogjakarta beberapa waktu lalu.


Ketua Umum Pengurus Kabupaten Lembaga Karate-Do Indonesia (Pengkab Lemkari) Buleleng, Nyoman Gede Wandiri Adi, ST mengapresiasi atas raihan cemerlang siswa Kelas II SMP hasil polesan tangan pelatih I Ketut Suanda yang membina Lemkari Ranting Tajun.

”Karateka cilik Lolak Sastrawan sudah terbukti dua kali mengharumkan nama Indonesia di tingkat Internasional, yakni mempersembahkan emas bagi merah putih di Belgia.Keberhasilan Lolak semua berkat latihan rutin yang dilaksanakan di ranting Tajun. Dan kami mendorong agar atlet beprestasi di tingkat regional dan Internasional. Selain itu ini berkat support kami bersama di Lemkari Buleleng bersama Pemerintah Daerah,” ujar Wandira Adi ketika dikonfirmasi ruang rapat Komisi IV DPRD Kabupaten Buleleng, Senin (19/11) siang.

Sementara itu Kepala DFinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng, Drs.Gede Suyasa, M.Pd di tempat terpusah mengaku bangga atas raihan Lolak selama ini. Lolak sudah terbukti mengharumkan nama Buleleng, Bali dan Indonesia di kancah Internasional.

“Kami sangat bangga punya Lolak, karena berprestasi ditingkat dunia. Tentu ini membanggakan bagi Buleleng, Bali dan Indonesia. Setelah ini harus ada pola pembinaan secara intensif untuk menyelamatkan aset bangsa ini, sehingga anak ini tetap sukses di event berikutnya, sampai usianya dewasa,” ujar Suyasa.

Suyasa menyebut sebelum bertolak ke Belgia, Lolak sempat meminta restu kepada Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana. Lolak diberikan reward oleh Bupati sebesar Rp20 juta.

Selanjutnya atas raihan prestasi membanggakan ini, pihaknya pun akan kembali berkoordinasi dengan Bupati Buleleng, apakah ada apresiasi lain pasca menjuarai laga di Belgia. “Kami akan diskusikan lagi dengan Bapak Bupati. Kalau beasiswa dia sudah mendapat beasiswa KIP,” imbuhnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com