Jaringan Pipa Terjepit Akar Pohon, Hambat Layanan PDAM Gianyar - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

11/1/18

Jaringan Pipa Terjepit Akar Pohon, Hambat Layanan PDAM Gianyar


Gianyar, Dewata News. Com - Layanan Perusahan Daerah Air Minum / PDAM  Gianyar,  hingga saat ini terus berupaya menanggulangi gangguan akibat jaringan yang rusak dengan berbagai permasalahan. Terbanyak kerusakan justru disebabkan jaringan pipa bawah tanah yang terjepit akar pohon perindang, hingga menyebabkan pipa menyempit hingga hancur.

Kondisi kerusakan  seperti ini kerap terjadi di dua layanan kantor cabang Blahbatuh dan cabang Gianyar. Ini karena di dua wilayah tersebut jaringan pipa terletak di sepanjang jalur utama yang terdapat pohon perindang sepanjang jalan.


Sementara jaringan pipa yang juga tertanam di bawah pohon perindang, akhirnya juga terdampak perkembangan pohon perindang dengan akar yang semakin besar.

Menjadi beban PDAM, kerusakan inipun telah menyebabkan membengkaknya biaya perawatan yang kini mencapai tiga hingga lima juta untuk satu titik kerusakan. Besaran biaya ini sesuai dengan jenis kerusakan dari pipa berukuran 1,5" hingga 8" , serta tingkat kesulitan perbaikannya.

Tercacat dalam sebulan di dua kecamatan ini telah terjadi empat belas titik kerusakan jaringan PDAM dengan pipa terlilit akar pohon perindang. Selain debit air mengecil pada pipa yang terjepit, kerusakan pipa yang parah juga berdampak pada konsumen tidak mendapat air.

Direktur Utama PDAM Gianyar, I Made Sastra Kencana,  kerusakan ini hanya bisa diupayakan dengan pembongkoran dan membelokkan jaringan menghindari akar pohon, "bervariasi dari pipa 1,5 sampai pipa 8, cara penangannya dilakukan pembongkaran mencari pipa yang bocor dan memotong bakar dan membelokkan jaringan pipa", katanya. Walau demikian pihaknya mengaku tetap berupaya memberikan layanan terbaik untuk pelanggan termasuk dengan kerja dimalam hari, untuk melakukan percepatan perbaikan. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com