Sebanyak 4.417 Orang CPNS Ikuti Ujian Seleksi Kompetisi Dasar - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

11/1/18

Sebanyak 4.417 Orang CPNS Ikuti Ujian Seleksi Kompetisi Dasar


Buleleng, Dewata News. Com — Sebanyak 4.417 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pengadaan Pemkab. Buleleng  Tahun 2018 mengikuti Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Aula Udayana dan Barak Siaga Makodam IX Udayana, Jln. Udayana No. 1 Dauh Puri Kangin, Denpasar. Rabu (31/10).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Buleleng, I Gede Winawa,SH mengatakan, bahwa sebanyak 4417 orang CPNS Pengadaan Pemkab. Buleleng  Tahun 2018 mengikuti Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). ”Ada tiga jenis tes SKD yang harus di lalui dalam seleksi CPNS, antara lain Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP)”, kata I Gede Wisnawa disela-sela memantau persiapan peserta ujian.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya pada pengumuman administrasi lalu, Pemkab Buleleng telah menetapkan formasi. Jumlah formasi di Pemkab Buleleng sebanyak 332 dengan rincian, Tenaga Honorer eks. K2 sebanyak 11 orang, Tenaga Guru sebanyak 158 orang, Tenaga Kesehatan sebanyak 126 orang, dan Tenaga Teknis sebanyak 37 orang. ”Setelah dinyatakan lolos di seleksi administrasi, pelamar harus bersiap untuk mengikuti tes Computer Assisted Test (CAT)”, jelas Kepala BKPSDM Kabupaten Buleleng I Gede Wisnawa.

Mantan Sekwan Kabupaten Buleleng ini juga menjelaskan, pada hari pertama pelaksanaan CAT berjalan cukup baik dan sangat berterimkasih kepada Kanreg X BKN Denpasar, Makodam IX Udayana yang telah memfasilitasi kegiatan CAT tersebut. 

Khusus kabupaten Buleleng, lanjut I Gede Wisnawa, dilaksanakan selama 3 hari yaitu mulai tanggal 31 Oktober s.d 2 Nopember 2018, karena jumlah komputer yang disediakan berjumlah 360 unit. Mengingat jumlah peserta ujian sebanyak 4.417 peserta, sehingga perhari dibagi dalam lima sesi dan dalam satu kali sesi diikuti oleh 360 orang peserta ujian. Dalam satu hari total peserta seleksi CAT diikuti oleh 1.800 peserta ujian.


Antusiasme para peserta ujian sangat nampak sejak pagi hari, para peserta memenuhi sebagian area parkir Makodam Udayana. Setiap pergerakan peserta terpantau oleh CCTV, pengecekan perlengkapan peserta ujian oleh Panitia juga dibantu oleh beberapa personil TNI dari Makodam IX Udayana. Aturan seleksi CPNS ini sangat ketat dan peserta tidak diperkenankan untuk menggunakan Handphone dan aksesoris apapun, baik berupa kalung emas, cincin, jam tangan, ikat pinggang, serta membawa dompet sekalipun. Hal ini dilakukan guna ketertiban dan kelancaran proses ujian, seperti diungkapkan oleh Kepala Seksi Supervisi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara, Desman Juliver Sinaga, SH. 

Desman Juliver Sinaga mengatakan, bahwa sesi pertama tes berjalan dengan lancar meskipun ada kendala akibat ramainya peserta mengantre, sehingga terjadi keterlambatan selama 30 menit, namun melalui kerjasama panitia dapat berjalan lancar. Setelah masuk, para peserta duduk berdasarkan absensi, dan ternyata dari 360 peserta ujian terdapat 16 orang tidak hadir.

Dalam kesempatan pelaksanaan ujian seleksi CAT dihari pertama ini juga berkesempatan hadir untuk melihat dan memantau jalannya ujian, Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG., bersama Ketua DPRD Kabupaten Buleleng Supriatna, SH, Inspektur Kabupaten Buleleng I Putu Yasa, S.H.,M.M., Kepala Kanreg X BKN Bambang Hari Samasto, dan Kabid Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat  Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bali Tumbur Parulian Simatupang, serta Ketua Ombudsman RI Perwakilan Bali Ibnu Umar Alkhatab..

Wakil Bupati Sutjidra mengajak para pimpinan serta Ketua Ombudsman untuk melihat secara langsung peserta yang berada di dalam ruang ujian.

”Seperti yang kami amati, sebanyak 360 peserta sesi pertama telah melaksanakan ujian SKD di Makodam IX Udayana dan setiap harinya ada lima kali sesi, selama tiga hari kedepan semoga berjalan dengan lancar. Nantinya dari 4.417 CPNS, Buleleng memiliki alokasi formasi sebanyak  332 orang pegawai”, ujar Wabup Sutjidra.

Sutjidra berharap, astungkara ujian SKD hari ini berjalan dengan transparan dan mudah-mudahan sampai dihari ketiga ujian ini berjalan dengan baik, sehingga melahirkan Pegawai Negeri yang memiliki Kredibilatas dan dapat dipertanggungjawabkan”, imbuhnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com