Buleleng dan Banyuwangi Resmi Jalin Kerjasama - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

11/20/18

Buleleng dan Banyuwangi Resmi Jalin Kerjasama


Banyuwangi, Dewata News. Com — Pemkab Buleleng akhirnya resmi menjalin kerjasama pemerintahan dengan Pemkab Banyuwangi. Peresmian kerja sama tersebut tertuang dalam dokumen MoU yang ditandangani oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST dan Bupati Banyuwangi H.Abdullah Azwar Anas,M.Si di Lapangan Gasibu Banyuwangi, pada Sabtu (17/11).

Dalam dokumen kerjasama yang ditandatangani kedua kepala daerah  disebutkan, bahwa maksud pelaksanaan kerja sama kedua pemerintah daerah ini adalah guna meningkatkan dan mensinergikan program pembangunan pada masing-masing daerah. Selain itu, kerja sama ini juga ditujukan untuk mengembangkan potensi daerah serta meningkatkan aspek pelayanan publik di daerah masing-masing.

Seusai menandatangani dokumen kerja sama, Bupati  Agus Suradnyana mengungkapkan, bahwa peresmian kerja sama ini merupakan tindaklanjut dari penjajakan kerja sama yang sudah dilaksanakan pada bulan Sepetember 2018 lalu.

"Penandatanganan kerja sama ini merupakan langkah serius dari Pemkab Buleleng untuk membangun kerja sama di bidang pemerintahan, utamanya pengembangan potensi daerah dengan Pemkab Banyuwangi," ungkapnya.

Bupati PAS sapaan akrab Putu Agus Suradnyana menjelaskan, bahwa Banyuwangi memiliki potensi daerah yang hampir sama dengan Buleleng. Untuk itu Buleleng perlu menjalin kerja sama guna secara bersama-sama nantinya mengembangkan potensi daerah tersebut.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Buleleng Made Sudama Diana selaku leading sector pelaksanaan kerja sama ini menjelaskan, lingkup kerja sama ini meliputi bidang tata kelola pemerintahan, budaya dan pariwisata, industri dan perdagangan, koperasi dan ekonomi kreatif, teknologi informasi, lingkungan hidup dan kebersihan, pertanian dan ketahanan pangan, serta bidang lainnya sesuai kebutuhan pemda masing-masing.

"Setelah penandatanganan ini, maka nantinya masing-masing OPD di Buleleng sudah bisa menjalin kerja sama secara lebih teknis dengan OPD di Banyuwangi, tetapi tetap difasilitasi oleh Bagian Pemerintahan", jelas Sudama.
Sebelumnya, pada kegiatan penjajakan kerja sama pada September 2018 lalu, Bupati Azwar Anas mengungkapkan, dirinya sangat mengapresiasi dan menyambut baik upaya kerja sama di bidang pemerintahan antara Pemkab Buleleng dengan Pemkab Banyuwangi. 

Dia mengakui, bahwa ada banyak bidang pemerintahan yang nantinya bisa dikerjasamakan dengan Pemkab Buleleng, salah satunya di bidang pariwisata.

”Karena berbicara pariwisata sebenarnya berbicara lintas teritorial, jika ada kepala daerah yang masih berpikir satu teritorial, maka bersiap pariwisatanya tidak akan dapat melompat dengan cepat. Untuk itu kerja sama seperti ini sangat diperlukan", ungkap Azwar Anas. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com