Kominfosandi Buleleng Ajak Mahasiswa Manfaatkan Medsos Dengan Bijak - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/3/18

Kominfosandi Buleleng Ajak Mahasiswa Manfaatkan Medsos Dengan Bijak


Buleleng, Dewata News. Com — Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa & Seni Undiksha Singaraja menggelar acara Professional Development dengan mengambil tema ”Peran Medsos di Jaman Mileneal” yang diikuti jumlah peserta mencapai 80 mahasiwa kelas Public Relations di Kampus Undiksha Singaraja.

Kegiatan dengan moderator dosen Prodi Bahasa Inggris Undiksha, Karina Wedhanti, S.Pd,M.Pd yang digelar pada hari Sabtu (29/09) tersebut, menghadirkan narasumber Kepala Bidang Pengelolaam Komunikasi Publik Dinas Kominfosandi Kabupaten Buleleng, Cok Adithya.WP, S.Sos

Dalam paparannya, Cok Adithya mengungkapkan, bahwa saat ini banyak sekali anak-anak jaman now atau generasi millenials yang memiliki akun media sosial bisa sampai puluhan, dengan jumlah akun follower jutaan yang bahkan sampai ada komunitasnya, yang kemudian disebut dengan buzzer.

”Banyak perusahaan melihat ini sebagai peluang yang bisa mendukung bisnis mereka. Sehingga, banyak perusahaan yang memanfaatkan jasa buzzer ini untuk aktifitas promosi/pemasaran dan atau aktifitas pencitraan membangun reputasi positif,” jelas Cok.

Mantan Kasubag Pemberitaan Bagian Humas dan Protokol Setda Buleleng ini menambahkan, ada beragam media sosial tapi yang paling popular digunakan oleh generasi jaman now saat ini ada dua, yaitu; Instagram dan Facebook.


Menurut Cok, trend penggunaan Facebook dan Instagram untuk berbagai aktifitas positif dan atau negatif oleh generasi millenials ini juga ditangkap oleh para praktisi komunikasi, khususnya praktisi PR. "Faktor efisien dan efektif dalam menjangkau khalayak luas menjadi alasan utama generasi millenials dalam menggunakan media social secara aktif dan mendalam di hampir setiap jam dalam kehidupannya sehari-hari,” terangnya. 

Disinilah peran Humas atau pejabat pengelola informasi sebagai bagian dari harus mampu mengelola dan mengkemas informasi dengan baik.

”Tantangan humas dan pejabat informasi saat ini adalah dihadapkan pada perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat, terutama dunia online, sehingga batas ruang interaksi antar manusia seakan menjadi sedikit sekali. Interaksi antar manusia dikelola melalui satu tangan, yaitu pemanfaatan gadget untuk aplikasi medsos,” jelas Cok.Adithya.WP.

Selain materi tersebut, Cok Adithya juga melakukan simulasi konferensi pers yang diikuti seluruh mahasiswa. Disini, mahasiswa dibagi ada sebagai seorang jubir, moderator, dan wartawan. Tujuannya, adalah untuk mengenal salah satu tugas seorang humas atau pejabat pengelola informasi. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com