Tukar Informasi Dan Kemitraan, 30 Kontingen Gianyar Berlaga di Peda KTNA XXVI - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

9/5/18

Tukar Informasi Dan Kemitraan, 30 Kontingen Gianyar Berlaga di Peda KTNA XXVI


Gianyar, Dewata News. Com - Tiga Puluh Kontingen Pekan Daerah Kontak Tani dan Nelayan Andalan (Peda KTNA) Kabupaten Gianyar dilepas oleh Asisten Administasi, Pemerintahan, dan Kesra Setda Gianyar Wayan Suardana untuk berpartisipasi dalam perhelatan Peda KTNA ke-XXVI di Denpasar pada 7 s/d 12 September 2018 nanti. Pelepasan dilaksanakan di ruang rapat Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar, Rabu (5/9).

Asisten I Setda Gianyar Wayan Suardana mengatakan, Peda KTNA merupakan wadah untuk saling tukar informasi dan pengalaman, serta pengembangan kemitraan petani dan nelayan se-Bali. Diharapkan, terjalin interaksi antar pelaku utama pembangunan pertanian, perikanan, kehutanan dengan pemangku kepentingan, baik BUMN, pengusaha, dan para pakar pemerhati, guna merumuskan dan mencari solusi untuk setiap permasalahan pembangunan pertanian di pedesaan.”Kegiatan ini efeknya multiplier,”ucapnya.

Tak luput, Suardana juga menyoroti rendahnya minat generasi muda di bidang pertanian dan derasnya alih fungsi lahan hijau menjadi beton. Menurutnya, disinilah peran vital seluruh pihak terkait untuk memikirkan solusi terbaik meminimalisir terjangan alih fungsi, dan merangsang minat pemuda melirik bidang pertanian sebagai mata pencaharian.”Padahal potensinya sangat bagus,”kata dia.

“Saya mendukung penuh kegiatan Peda. Saya berharap Kabupaten Gianyar mampu menunjukkan karya terbaik yang dapat menginspirasi pengembangan pertanian, perikanan, dan kehutanan di Bali secara umum. Semangat dan tanggung jawab itu mesti selalu dijaga,”kata pejabat asal Keramas, Blahbatuh itu.

Penyuluh Pertanian Ahli Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar Wayan Gede Wiraga, didampingi Ketua Kontingen Peda KTNA Kabupaten Gianyar 2018 Wayan Merta mengatakan, sosialisasi secara konsisten dilakukannya untuk menarik minat para generasi musa menggeluti usaha pertanian.

Tak bisa disangkal, lanjut dia, minat pemuda di Kabupaten Gianyar sangat rendah untuk bidang tersebut. Meski saat ini, sebagian remaja mulai sadar akan peluang dan manfaat jika memang serius ingin menyambung hidup di pertanian atau perikanan.

Wiraga menambahkan, dalam Peda KTNA nanti, Kabupaten Gianyar akan menonjolkan hasil karya kincir air, yang sudah pernah menjadi juara nasional dalam ajang Tekhnologi Tepat Guna (TTG) tahun 2017 lalu. Disamping itu, banyak kegiatan dilaksanakan dalam ajang dua tahunan itu, meliputi aktifitas temu karya, unjuk tangkas, kecepatan membedakan jenis tanaman, ternak, lomba penyuluhan petani, pengendalian hama, cerdas cermat, dan lainnya.

“Target kami tidak muluk-muluk, namun secara persiapan, kami 100 persen siap berkompetisi, dan sharing pengalaman. Kegiatan ini juga sebagai ajang seleksi untuk menuju Penas KTNA dua tahun mendatang, sekaligus persiapan diri bagi Kabupaten Gianyar menjadi tuan rumah Peda KTNA 2021,”pungkasnya. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com