HUT TNI AL ke-73, Lanal TNI AL Denpasar Laksanakan Upacara Peringatan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

9/10/18

HUT TNI AL ke-73, Lanal TNI AL Denpasar Laksanakan Upacara Peringatan


Denpasar, Dewata News. Com - Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko memimpin upacara peringatan HUT TNI AL ke-73 tahun 2018 yang digelar di Lapangan Mako Lanal Denpasar Jalan Raya Sesetan 331 Denpasar Bali, Senin (10/9).

Tampak hadir adalam upacara tersebut Palaksa Lanal Denpasar, Seluruh Perwira Staf dan tamu undangan lainnya dari Instansi TNI AD, AU, Polda Bali dan Jajaran Pemprov Bali, Instansi Maritim dan Pramuka Saka Bahari.

Sedangkan pasukan upacara terdiri dari peleton perwira, pleton Bintara, pleton Tamtama, dan pleton PNS Lanal Denpasar.

Dalam amanatnya Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.,  yang dibacakan Danlanal Denpasar menyatakan bahwa pelaksanaan upacara hari ini memiliki arti yang sangat penting bagi TNI Angkatan Laut, karena berdasarkan fakta sejarah pada tanggal 10 September 1945 merupakan tonggak berdirinya TNI Angkatan Laut yang kita cintai dan banggakan ini.

Menurutnya,  dalam kurun waktu 73 tahun ini, telah  banyak  pengorbanan jiwa dan raga dari para pejuang pendahulu dalam memperjuangkan dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui laut.

“Oleh karena itu, sebagai generasi penerus, sudah sepantasnya kita harus meneladani semangat patriotisme, keikhlasan dan pengorbanan para pejuang pendiri angkatan laut,” tegasnya.

Wujud pengabdian tersebut lanjutnya, dapat diimplementasikan melalui dedikasi, loyalitas dan kerja keras serta mencurahkan segenap kemampuan yang kita miliki demi kejayaan TNI Angkatan Laut. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Sumber daya laut kita sangat melimpah, namun belum dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai sumber kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia. Sebagai bentuk kepedulian TNI Angkatan Laut terhadap permasalahan bangsa tersebut, tepat kiranya pada peringatan hari jadi kali ini tema yang diambil yaitu “Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun Bangsa Guna Mewujudkan Kesejahteraan Melalui Laut”.

Makna dari tema tersebut adalah, TNI Angkatan Laut bersama segenap komponen bangsa akan berusaha sekuat tenaga, mengembalikan jati diri bangsa sebagai bangsa maritim yang berjaya di laut.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, maka TNI Angkatan Laut harus terus berupaya meningkatkan kekuatan dan kemampuannya dengan melaksanakan pembangunan dan pembinaan secara terus menerus, sehingga mampu memberikan jaminan stabilitas keamanan maritim baik di wilayah perairan yurisdiksi nasional indonesia maupun di kawasan, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan bangsa,” pungkasnya. DN - Penlanal)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com