Buleleng Masuk Nominasi Calon Penerima Nirwasita Tantra Award - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

9/6/18

Buleleng Masuk Nominasi Calon Penerima Nirwasita Tantra Award


Buleleng, Dewata News. Com — Upaya Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup semakin menunjukkan hasil. Terbukti, Pemkab Buleleng berhasil masuk nominasi sebagai calon penerima Nirwasita Tantra Award yang digagas oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia. 

Kabupaten Buleleng berhasil masuk 12 besar dari sebanyak 139 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang memasukan dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (IKPLHD) ke Kementerian LHK. 

Setelah masuk nominasi 12 besar,  Pemkab Buleleng memasuki tahap akhir penilaian, yaitu dengan mempresentasikan capaian kinerja pengelolaan lingkungan hidup berdasarkan dokumen IKPLHD yang dikirim. Presentasi tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnya,ST dihadapan 6 orang panelis yang ditunjuk oleh Kementerian LHK, pada hari Rabu, 5 September di Ruang Rimbawan II Manggala Wanabhakti Kementerian LHK. 

Perlu di ketahui, bahwa Penghargaan Nirwasita Tantra Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada kepala daerah yang  berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan pengelolaan lingkungan hidup sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan, sehingga mampu memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya. 

Keenam panelis tersebut berasal dari akademisi, pakar/ahli lingkungan, LSM, aktivis lingkungan, dan jurnalis media nasional. Dalam presentasinya, Bupati Agus Suradnya memaparkan tentang beberapa isu yang berkaitan dengan lingkungan hidup di Buleleng, antara lain tentang pengelolaan sampah, penyediaan air bersih, serta kerusakan dan pencemaran lingkungan.

Bupati Buleleng dua periode ini juga menjelaskan secara gamblang tentang upaya dan inovasi yang telah ditempuh oleh Pemkab Buleleng dalam menghadapi isu lingkungan hidup. Adapun upaya dimaksud, antara lain dengan meningkatkan kapasitas lembaga daerah, mengoptimalkan pengelolaan lingkungan hidup, mendorong prestasi daerah di bidang pengelolaan lingkungan, dan memacu partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan.

Ditemui seusai memberikan paparan, Bupati murah senyum itu mengaku bangga dengan capain yang telah diperoleh sampai saat ini. "Hari ini telah memasuki tahap akhir penilaian, dan kami cukup bangga, karena dari 139 Kabupaten/Kota yang memasukkan dokumen IKPLHD, Buleleng berhasil masuk nominasi 12 besar.  Itu artinya, apa yang telah dilakukan oleh Pemkab Buleleng dalam mengelola lingkungan hidup selama  ini sudah mendapat penilaian positif dari pemerintah pusat" ungkap Bupati PAS.

Bupati PAS mengatakan, setelah berhasil lolos dalam penapisan dokumen IKPLHD bersama 29 daerah lainnya, akhirnya Buleleng masuk nominasi 12 besar calon penerima penghargaan. "Saya optimis Buleleng akan berhasil memperoleh Nirwasita Tantra Award", kata Bupati Agus Suradnyana yakin dan optimis. (DN ~ TiR).

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com