Terkait RKA 2019, Lagi-Lagi Komisi I DPRD Buleleng Gelar RDP Dengan Eksekutif - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

8/14/18

Terkait RKA 2019, Lagi-Lagi Komisi I DPRD Buleleng Gelar RDP Dengan Eksekutif


Buleleng, Dewata News. Com — Terkait Rencana Kerja Anggaran (RKA) tahun 2019, lagi-lagi Komisi I DPRD Kabupaten Buleleng menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan pihak eksekutif. Kali ini mengundang Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Badan Kesbangpol, Dinas Perkimta ( bidang Pertanahan), BKD (bagian Aset), serta Dinas Kominfosandi Kabupaten Buleleng.

Kegiatan RDP yang diselenggarakan di ruang Komisi I DPRD Kabupeten Buleleng, Senin (13/08) itu dipimpin Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Buleleng Putu Mangku Mertayasa, SH, MH didampingi para anggotanya I Gusti Komang Swastika dan Kadek  Widana, SH.

Selaku Ketua Komisi I DPRD Buleleng, Putu Mangku Mertayasa,SH.MH mengatakan, bahwa semua hal yang menyangkut masalah kepentingan rakyat, semua komisi mempunyai kewajiban yang sama untuk memperjuangkannya.

Seperti pada tahun 2018, Komisi I DPRD Buleleng melihat perbaikan bantuan bencana alam untuk perbaikan rumah sangat minim hanya sekitar Rp191 juta, padahal jumlah bencana alam, terutama banjir yang menimpa wilayah Kabupaten Buleleng sangat tinggi yang menimbulkan beberapa kerusakan rumah penduduk.

Komisi I DPRD Buleleng berharap dana cadangan Rp2,3 milyar itu dimasukkan disana, sehingga nantinya dalam proses pemberian bantuan, baik dalam bentuk bahan maupun perbaikan rumah itu lebih tepat, efisien dan efektif, sehingga betul-betul dilakukan verifikasi dari Perkimta serta mengetahui kebutuhan dan yang mana rumah-rumah yang perlu diperbaiki akibat terkena dampak banjir tersebut.

Menurut Mangku Mertayasa, di tahun 2018 dianggarkan dana Rp191 juta, sedangkan tahun 2019 mengalami penurunan menjadi Rp150 juta. ”Ini terlihat aneh, padahal jika dicontohkan seperti di Kecamatan Banjar saja kurang lebih membutuhkan dana kurang lebih Rp1 milyaran dengan estimasi perbaikan rumah Rp20 sampai Rp30 juta. Hal inilah yang akan dijadikan prioritas-prioritas anggaran dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Buleleng”, kata Mangku Mertayasa dengan nada tanya.

Selanjutnya, menurut Mangku Mertayasa, masalah pengisian atau pemilihan jabatan perbekel yang mengikuti kontestan pesta demokrasi, karena ini merupakan kepentingan Nasional, maka seyogyanya kepentingan yang bersifat lokal ini dinomorduakan serta jangan sampai potensi-potensi konflik horizontal ini mengalahkan kepentingan Nasional, walaupun sifatnya adalah perwakilan dalam pemilihan dan tetap akan menimbulkan konflik sosial.

Komisi I DPRD Buleleng berjanji akan memberikan refrensi atau kajian kepada Pemerintah Kabupaten Buleleng untuk pengisian perbekel agar dilakukan setelah pileg, karena seperti dulu setiap pileg atau pemilu ketika ada momen lokal pasti akan ditunda setelah pemilu tersebut.

Komisi I DPRD Buleleng yang secara marathon melakukan RDP, selanjutnya mulai pukul 13.00 Wita mengundang para camat se-kabupaten Buleleng dan Bagian Umum, Bagian Humas dan Protokol, Bagian Hukum, serta dengan  Bagian Pemerintahan Setda kabupaten Buleleng.

Siang itu RDP diselenggarakan di ruang Gabungan DPRD Kabupaten Buleleng. Dalam kesempatan itu pula disampaikan oleh Komisi I DPRD Kabupaten Buleleng berbagai usulan dan saran dalam penyempurnaan penyusunan RKA di masing-masing OPD sebagai hasil serapan anggota Komisi I di masyarakat.

Selanjutnya masukan dan saran yang disampaikan dalam rapat tersebut akan dijadikan bahan pertimbangan dalam penyusunan APBD Tahun 2019 serta dalam menentukan arah kebijakan pembangunan di Kabupaten Buleleng sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com