Coastal Clean Up Day, Gerakan Perangi Sampah - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

8/31/18

Coastal Clean Up Day, Gerakan Perangi Sampah


Gianyar, Dewata News. Com - Upaya bersih lingkungan terus diserukan Pemerintah Kabupaten Gianyar. Menjelang pelaksanaan anual meeting IMF  World Bank di Bali, Oktober mendatang , melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar kali ini menyasar kawasan pantai.

Kali ini Pantai Saba, Blahbatuh , seluruh stake holder, Tras Hero, dan masyarakat umum, berjibaku perangi sampah.

Dalam upaya mewujudkan Gianyar BAGUS /Bersih Aman Giat Berbudaya dan Sejahtera,  menuju Dinas Lngkungan Hidup terus mengkampanyekan gerakan kebersihan, gerarakan bersama sama untuk melakukan penanganan dan pengelolaan sampah. 

Berbagai upaya masif telah dilakukan diantaranya melalui sosialisasi perda no 11 tahun 2013. Perbub no 42 tahun2015 tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga,  dalam membangun  partisipasi masyarakat untuk melakukan pengelolaan dan penanangan sampah di lingkungan masing , di lingkungan kerja dan dipasar pasar dinas lingkungan hidup bahkan  menyelenggarakan lomba kebersihan dan keindahan lingkungan antar desa, antar kantor instansi pemerintah dan opd, termasuk menyelenggarakan lomba kebersihan antar pasar umum di Gianyar.

Ini sebagai usaha mengedukasi masyarakat juga telah diselenggarakan program  desa sadar lingkungan / DSL, termasuk upaya edukasi kepada anak anak sekolah SD, SMP, SMA, guru guru dan seluruh civitas sekolah sekolah melalui program adiwiyata.

Walau ada berbagai permasalahan namun  sampah harus ditangangi secara terus menerus, tak kenal telah,  komprehensif berkelanjutan dan memerlukan dukungan semua stake holder , semua pihak baik pemerintah swasta dan masyarakat.

Kadis Lingkungan Hidup,  I Wayab Kujus Pawitra , diperlukan dukungan sarana dan prasana yang memadai, serta keseriusan dan komitmen bersama semua pihak untuk penangan sampah di Gianyar, " untuk mencapai target memang memerlukan kerjasama  berbagai pihak", ungkapnya.

Tidak cukup dengan edukasi dan sosialisasi saja tapi juga diperlukan aksi nyata secara masif gerakan  bersama memerangi sampah. Salah satunya aksi nyata perangi sampah secara masif dilakukan melalui gerakan kebersihan pantai Coastal Clean Up Day.

Bahkan ini dilakukan setiap hari jumat,  di Gianyar,  gerakan bersama membersihkan pantai dilakukan diseluruh pantai di gianyar.

Hari inipun ( 31/08 ), Coastal Clean Up Day dipusatkan dipantai saba dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat, sekehe teruna, karang taruna, pkk, berbagai komonitas lingkungan, balawista seluruh pegawai dan pimpinan opd dilingkungan pemkab gianyar.

Gerakan  pembersihan pantai  tsb selalu didukung penuh pihak kepolisian dan tni (kodim) dengan menurunkan personil dan pol air, para aparat keamanan tersebut tidak  hanya saja berbaur ikut melakukan pembersihan tetapi bahkan menjadi motivator penggerak.

Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar I Wayan Kujus Pawitra menyambut baik dukungan semua pihak dalam kegiatan pembersihan pantai ini, termasu kesadaran masyarakat untuk bersama sama menjaga kebersihan lingkungan termasuk kebersihan laut dan pantai.

terus berkelanjutan agenda ini tidak akan pernah surut, tidak lelah ataupun menyerah untuk urusan lingkungan.
Disamping  OPD, Aksi bersih pantai ini juga didukung komunitas pencinta lingkungan, trush hero, tol tol, niltil lulu, amigos, dolly hardline, relawan  cilik perangi sampah, malu dong, dan berbagai organisasi pecinta lingkungan. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com