Obyek Wisata Swing Menjamur, Kapolsek Tegallalang Kumpulkan Pemilik - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

7/28/18

Obyek Wisata Swing Menjamur, Kapolsek Tegallalang Kumpulkan Pemilik


Gianyar, Dewata News. Com - Menjamurnya destinasi wisata swing atau ayunan di Wilayah Tegallalang, Gianyar kini menjadi daya tarik baru pariwisata di wilayah ini. Pengelola pun berlomba memberikan layanan terbaik untuk mampu memikat pengunjungnya, ikut memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan.

Menjadi rejeki bagi pengelola, namun tidak demikian dengan pihak terkait, terutama kepolisian yang bertanggungjawab dengan keamanan wilayahnya. Permasalahan keamanan wisatawan saat menggunakan swing misalnya, kini masih menjadi kekawatiran bagi semua pihak termasuk pengelola yang belum memiliki standar oprasional khusus menggunakan swing.

Sikapi keamanan dan kenyamanan wisatawan ini,  pelaku pariwisata khusus swing hari ini Sabtu, (28/07) dikumpulkan di Mapolsek Tegallalang. Ada sebanyak 50 pelaku wisata, termasuk Dinas Pariwisata dan Muspika Tegallalang, diajak ikut dialog terkait pengelolaan wisata swing dan dampaknya. 

Pembahasan lebih banyak terkait keamanan wisatawan menggunakan swing, standar oprasional, hingga sumber daya manusia.

Tergolong wisata ekstrem yang umumnya menggunakan pohon kelapa menjadi sarana menggantung tali ayunan, tanpa standar oprasional juga dianggap sangat berbahaya bagi keselamatan penggunanya.

Berbagi pengalaman diantara pengelola, bagaimana mengoprasikan swing termasuk menggunakan standar oprasional hingga peralatan harus memenuhi standar, menjadi pembahasan dalam pertemuan ini. Kapolsek Tegallalang, AKP I Gede Sukadana, SH, memimpin pertemuan ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan wisatawan.


Dengan mempertemukan seluruh pemilik, ini diharapkan dapat menjadi antisipasi kejadian yang berdampak negatif bagi wisatawan, " pertemuan ini sebagai antisipasi kejadian yang tidak dinginkan bagi wistawan", katanya.

Selain itu, bagi pemilik juga disarankan untuk mengurus perijinan, termasuk jika memerlukan asuransi bagi penggunanya.

Sedangkan Kanit Patroli Polsek Tegallalang, IPTU I Made Weta, sebagai antisipasi awal, pihaknya  kini juga terus melakukan sambang lokasi. Ini sebagai bagian keterlibatan pihak kepolisian dalam pengamanan wilayah termasuk kunjungan wisata.

Selain menghimbau tetap meningkatkan keamanan lokasi obyek, pihaknya juga mengharapkan pelaku wisata di Tegallalang mampu memberikan layanan positif bagi wistawan , "kami berupaya terus menghimbau pelaku wisata untukbikut menjaga kondusif wilayahnya", imbuhnya.

Disisi lain, menyepakati tidak akan menjadi persaingan bisnis wisata, pemilik obyek wisata swing diwilayah ini akan juga segera membentuk asosiasi untuk mewadahi segala kepentingan. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com