Kuliah Umum FISIP UNR, Nilai Lokal Musti Tetap Dijaga - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

7/22/18

Kuliah Umum FISIP UNR, Nilai Lokal Musti Tetap Dijaga


Denpasar, Dewata News. Com - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ngurah Rai (UNR) Denpasar melaksanakan Kuliah Umum bertemakan Membangun New Public Governance dan Reformasi Administrasi Diantara Tantangan Global serta Berbagai Dimensi Lokal diruang Auditorium UNR. Acara Kuliah Umum yang dibuka Rektor, Dr. Drs. Nyoman Sura Adi Tenaya, M.Si ini melibatkan seluruh mahasiswa dari semester II sampai VI, dosen, dan staf dilingkungan FISIP UNR. Pada acara Kuliah Umum tersebut turut hadir Pimbina Yayasan Jagathita UNR,  Drs. Ketut Wirata Sindhu,” ujar Dekan FISIP UNR, Gede Wirata, S.Sos, SH, MAP, Sabtu (21/7).

Gede Wirata mengatakan, Kuliah Umum FISIP UNR ini menghadirkan narasumber Dekan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Indonesia (UI), Prof. Dr. Eko Prasojo yang didampingi oleh moderator dari MEA UNR, Dr. Ida Ayu Putu Sriwidnyani, S.Sos, M.Ap. Paling berkesar pada Kuliah Umum FISIP UNR kali ini yakni  Prof. Dr. Eko Prasojo bisa melaksanakan ulang tahunya yang ke-48, sebab beliau lahir tanggal 21 Juli 1970. “Bagi kami di FISIP UNR momen Kuliah Umum diwarnai dengan perayaan ulang tahun dengan peniupan lilin serta pemotongan kue adalah momen paling special,” terangnya.

Gede Wirata menjelaskan, Kuliah Umum yang digelar ini bertujuan untuk bisa menambah wawasan mahasiswa FISIP UNR untuk bisa memahami apa itu Reformasi Birokasi. Karena Reformasi Birokrasi kedepanya dirasakan mendapat tantangan yang luar biasa dalam menghadapi era digital (IT). Selain itu, tenaga kerja kedepanya di era Reformasi Birokrasi akan berkurang yang sudah tergantikan oleh era digital (IT). “Ini yang musti perlu kita waspadai bersama kedepanya, dan jangan sampai nilai-nilai local yang ada didalamya tergerus dimakan zaman,” jelasnya.

Lanjut Gede Wirata, setelah mahasiswa FISIP UNR lulusan dan memperoleh gelar Sarjana (S1) jangan pernah menunggu untuk bisa menjadi PNS, namun bagaimana kita mampu menciptakan Reformasi Birokrasi itu sendiri atau paling tidak bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Sebenarnya nilai-nilai local yang ada mustinya mampu membantu perkembangan globalisasi, sebab yang paling  kondisi keadaan masyarakatnya adalah pihak desa adat.  “Jadi intinya dengan mendapatkan Kuliah Umum seperti ini mahasiswa sangat diuntungkan yakni wawasan mahasiswa akan bisa bertambah,” ucapnya.

Sementara, Prof. Dr. Eko Prasojo dalam diskusinya menyampaikan nilai-nilai lokal kita musti dijaga, sebab nilai-nilai lokal yang kita miliki adalah sebagai penopang pembangunan di daerah. Walau sudah memasuki era globalisasi hendaknya nilai-nilai lokal itu jangan sampai hilang, dan harus dijaga dengan sebaik-baiknya. “Bagaimana Tri Hita Karana bisa berjalan bagus kalau nilai lokalnya tidak ada, maka itu serang saatnya peran mahasiswa harus bisa menjaga dan melestarikan nilai-nilai lokal yang dimiliki jangan sampai tergerus dimakan zaman,” pungkasnya.

Selanjutnya, mengenai pembangunan ekonomi yang sudah mulai berpindah yakni dari Barat ke Timur artinya penguasaan pembangunan ekonomi yang dulunya di Negara Barat sekarang sudah beralih ke Negara Asia. “Sementara kita sendiri hanya bisa menjadi penengah semata, nah ini yang musti kita antisipasi supaya jangan Negara Indonesia dijadikan korban terus dengan perkembangan dan perubahan era globalisasi. Kini musti saatnya generasi muda yang memiliki peranan tersebut untuk bisa ikut berkopetensi  di dalamnya,” imbuhnya.

Rektor UNR, Dr. Drs. Nyoman Sura Adi Tanaya, M.Si dalam sambutanya menambahkan KuliahUmum yang diberikan oleh Dekan FIA UI, Prof. Dr. Eko Prasojo ini sangat banyak sekali terdapat pesan moral yang bisa digali oleh mahasiswa FISIP UNR. Bahkan di dalam diskusi tersebut menyarankan agar nilai-nilai lokal yang kita miliki harus tetap dijaga agar jangan sampai hilang digerus dimakan zaman era globalisasi.  “Dari diskusi tersebut juga menuntut mahasiswa FISIP UNR kedepanya harus mampu berkopetensi dengan baik dalam menghadapi era globalisasi kedepanya,” tambahnya.

Materi Kuliah Umum seperti ini jarang sekali bisa di dapat, mustinya mahasiswa FISIP UNR bisa bersyukur.  Apalagi beliau,  Prof. Dr. Eko Prasojo saat ini sedang menjalankan misinya yakni melakukan penelitian dibeberapa Kabupaten/Kota di Bali untuk mengetahui sejauhmana perkembangan pemerintahan di Bali melalui nilai-nilai lokalnya. Mahasiswa FISIP UNR bisa berkesempatan untuk bertanya, dan paling bisa menambah wawasan dari Kuliah Umum ini. (DN - BdI)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com