DED Revitalisasi Pasar Banyuasri Sebagai Pasar Semi Modern Tiga Lantai - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

7/22/18

DED Revitalisasi Pasar Banyuasri Sebagai Pasar Semi Modern Tiga Lantai


Buleleng, Dewata News. Com — Detail Engineering Design (DED) revitalisasi telah selesai dibuat. Dalam DED ini, PAsar Banyuasri akan berbentuk pasar semi modern yang terdiri dari tiga lantai untuk menampung para pedagang dan juga revitalisasi ini sebagai bentuk upaya mempercantik wajah kota.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST menjelaskan, bahwa  DED ini secara menyeluruh sudah mewakili mulai dari pengelompokan, jumlah pedagang, parkir dan juga sirkulasi. DED ini telah memberikan gambaran secara menyeluruh mengenai rencana revitalisasi Pasar Banyuasri. Saat ini, dirinya meminta kepada konsultan untuk lebih detail lagi dalam pengembangan DED ini.

”Kami minta untuk lebih mendetailkan apa yang menjadi masukan oleh saya. Setelah itu, baru kami adakan sosialisasi kepada masyarakat dan juga pedagang di sana,” jelasnya di Singaraja, beberapa waktu lalu.

Rencananya, revitalisasi ini akan mengubah wajah Pasar Banyuasri menjadi tiga lantai. Anggaran yang dibutuhkan untuk keseluruhan pembangunan mencapai Rp180 Miliyar. Jika tidak ada penurunan besaran Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah pusat, pembangunan akan dimulai tahun 2019, dengan memulai dari membangun struktur dengan perkiraan biaya mencapai Rp50 Miliyar.

”Mudah-mudahan tidak ada penurunan besaran DAU. Tahun depan kami akan mulai dari pembangunan struktur bangunan terlebih dahulu,” ujar Agus Suradnyana.

Bupati PAS sapaan akrab Putu Agus Suradnyana mengakui, pihaknya masih memikirkan kemana pedagang akan dibawa selama proses pembangunan berlangsung. Apakah memanfaatkan parkir sebelah terminal atau mengoptimalkan jalan-jalan. Hal ini belum disosialisasikan, mengingat masih menunggu gambar atau DED yang sedang dibuat. Setelah itu,baru dilakukan sosialisasi.

”Setelah ada gambar, baru bisa sosialisasi. Yang jelas, tidak ada hak-hak pedagang yang dikurangi atau dipotong. Bahkan, Pasar Banyuasri nantinya bisa menampung pedagang sebanyak 1.700,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagprin) Kabupaten Buleleng, Drs. Ketut Suparto, MMA kembali menegaskan, bahwa dengan revitalisasi ini, Pasar Banyuasri akan menampung lebih banyak pedagang. Jumlah yang bisa ditampung sebanyak 1.772 pedagang. Semua pedagang yang ada bisa tertampung nantinya.

”Tidak ada yang dirugikan. Semua bangunan ruko bertingkat. Justru akan diperbaiki dan ditata lebih bagus lagi,” katanya.

Kadisdagprin Buleleng, Ketut Suparto menambahkan, pasar ini berbentuk pasar semi modern dengan tiga lantai. Untuk lantai satu diperuntukan sebagai tempat pedagang basah. Lantai dua untuk pedagang kering, seperti kain-kain ataupun palen-palen. Sedangkan lantai tiga, ada pedagang-pedagang kuliner sekaligus dijadikan parkir kendaraan.

”Dengan begitu, para pemberli yang memarkirkan kendaraannya akan disuguhi kuliner dulu. Makan dengan view pantai dari lantai tiga,” pungkas Suparto. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com